Wajah Politisi Hiasi Pacitan Jelang Pemilu, Bisnis Baliho Panen Cuan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

31 Januari 2024 12:12 31 Jan 2024 12:12

Thumbnail Wajah Politisi Hiasi Pacitan Jelang Pemilu, Bisnis Baliho Panen Cuan Watermark Ketik
Proses mencetak banner yang dilakukan oleh karyawan lainnya. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, wajah para politisi mulai menghiasi sudut-sudut Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Baliho dan spanduk berukuran besar dengan gambar para calon anggota legislatif (caleg) dan calon presiden (capres) terpasang di berbagai tempat strategis.

Hal ini tentu saja menjadi berkah bagi para pengusaha baliho di Pacitan sejak memasuki masa kampanye. Pesanan kalender, stiker, banner, dan atribut kampanye lainnya mengalami lonjakan hingga 25 persen.

Salah satu percetakan yang merasakan dampak positif ini adalah Astro Printing. Karyawan Astro Printing, Fiter Bayu Triprakoso, mengatakan bahwa pesanan meningkat dari 10 menjadi 15 order per hari.

"Ya kalau ibaratnya hari biasa itu 10 sekarang bisa sampai 15 orderan per hari," ujar Fiter saat berbincang dengan ketik.co.id di Astro Printing, pada Rabu (31/1/2024).

Banyaknya pesanan membuat tempat percetakan yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, Caruban, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan tersebut hampir kewalahan. Namun hal ini juga membawa berkah bagi karyawan dan pemilik.

Permintaan pun cukup beragam mulai dari caleg lokal hingga luar. Secara total, pesanan yang masuk mencapai ribuan rangkap meliputi kalender, baliho hingga stiker.

"Banyak mas, sampai ngga tahu berapa jumlahnya. Pas awal-awal masa kampanye lalu kalau dihitung total bisa sampai ribuan rangkap," ucap pria berusia 27 tahun itu.

Foto Karyawan Astro Printing, Fiter Bayu Triprakoso (27) tampak sumringah gegara dibanjiri pesanan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Karyawan Astro Printing, Fiter Bayu Triprakoso (27) tampak sumringah gegara dibanjiri pesanan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Peserta pemilu biasanya memesan spanduk dan banner dengan ukuran beragam dan desain menarik untuk dipasang di tempat strategis. Biasanya yang paling banyak dipesan adalah banner ukuran 4x3 meter dan 2x3 meter.

"Tapi yang paling banyak dipesan adalah baliho," sebutnya.

Sejatinya, harga cetak spanduk dan banner di Astro Printing bervariasi tergantung pada ukuran dan bahannya. Namun, pada momentum Pemilu 2024 pihaknya berani memberikan promo yang cukup menggiurkan.

Astro Printing menawarkan promo khusus berupa diskon 21 persen bagi peserta pemilu yang memesan. Harga normal Rp19.000 per meter menjadi Rp15.000 per meter khusus untuk caleg dan tim kampanye

"Alhamdulillah berhasil disambut antusias. Untuk harga normal Rp19 ribu. Tapi khusus untuk caleg atau tim kampanye, kami kasih promo Rp15 ribu per meter," ujarnya.

Dalam kurun waktu sebulan, Astro Printing berhasil mengantongi cuan hingga puluhan juta rupiah. "Ya kalau omzet ratusan belum, tapi kalau puluhan juta ada," ungkapnya mewakili pemilik Astro Printing.

Fiter berharap Pemilu 2024 berjalan lancar dan masyarakat dapat memilih pemimpin yang tepat melalui informasi yang tersedia di atribut kampanye.

"Ya semoga Pemilu 2024 lancar khususnya di Pacitan. Masyarakat juga dapat melihat caleg melalui Baliho maupun APK yang telah di pampang. Itu dapat menjadi acuan dalam mempertimbangkan pilihan," pungkas Fiter Bayu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ekonomi dan Bisnis Orderan Baliho Caleg Percetakan Banjir Cuan