Wakil Ketua DPRD Lumajang Minta Pemkab Serius Bangun Sektor Pertanian

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Mustopa

12 Juni 2024 05:38 12 Jun 2024 05:38

Thumbnail Wakil Ketua DPRD Lumajang Minta Pemkab Serius Bangun Sektor Pertanian Watermark Ketik
H. Akhmat ST, ketika ditemui sejumlah awak media di kantornya (Foto : Abdul Fatah/Ketik.co.id)

KETIK, LUMAJANG – Wakil Ketua DPRD Lumajang dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, H. Akhmat berharap Pemkab Lumajang serius dalam pembangunan di bidang pertanian. 

Menurut H. Akhmat, masyarakat Lumajang sebagian besar hidup dari pertanian, maka sudah seharusnya pertanian mendapatkan perhatin khusus.

Bahkan kata H. Akhmat, tidak hanya kebijakan dalam bentuk anggaran, perlu aturan khusus yang memberikan daya dukung terhadap pembangunan bidang pertanian di Lumajang.

"Anggaran sangat penting untuk mendukung petani kita bisa maju, namun disisi lain kebijakan yang bersifat mendukung pertanian juga sangat diperlukan," kata H. Akhmat kepada sejumlah awak media di Kantor DPRD Lumajang, Rabu (12/06/2024).

"Bentuknya bisa perda, lengkap dengan perbup-nya sekalian, sehingga program yang diterapkan punya pijakan hukum yang kuat," tegasnya.

Menurut H. Akhmat, sektor pertanian memberikan sumbangan terbesar kepada PDRB Lumajang, dan menyerap tenaga kerja paling besar, terutama yang ada di pedesaan.

"Sektor pertanian kita daya dukungnya sanga tinggi pada PDRB kita, termasuk dalam mengurangi angka penganguran kita. Jika pertanian kita dipacu, maka akan banyak tenaga kerja yang bisa terserap ke sektor ini," urainya.

Melalui APBD 2025, diharapkan kebijkan pembangunan kepada sektor pertanian mulai ditingkatkan, sehingga sektor ini bisa terus bergerak lebih maju dan mensejahterakan masyarakat Lumajang.

"Intinya begini, masyarakat kita sebagian besar petani, maka jika ingin mensejahterakan masyarakat, yang harus jelas programnya, jelas anggarannya dan ada payung hukum yang kuat. Jangan angin-anginan programnya," tegas H. Akhmat.(*)

Tags:

H. Akhmat ST pertanian Lumajang Wakil Ketua DPRD Lumajang berita lumajang hari ini