Yamaha Buktikan Kekuatan dan Daya Tahan Rangka Motor Buatannya

Jurnalis: Adela Oki Nur Aini
Editor: Mustopa

31 Oktober 2023 03:04 31 Okt 2023 03:04

Thumbnail Yamaha Buktikan Kekuatan dan Daya Tahan Rangka Motor Buatannya Watermark Ketik
Yamaha crew saat percobaan uji coba kualitas rangka Yamaha

KETIK, MALANG – Viralnya beberapa kasus patahnya rangka sepeda motor milik beberapa kompetitornya, membuat Yamaha ingin membuktikan langsung kualitas produknya.

Supervisor Service Area Yamaha Malang, PT. Roda Sakti Surya Megah (RSSM), Muhammad Khoirul menyebutkan selama ini tidak ada kasus ganti kerangka akibat korosi hingga patah. Ini karena bahan kerangka Yamaha menggunakan bahan murni pipa tubular dengan sistem las robotik sempurna.

"Semua rangka motor Yamaha dilengkapi sistem drainase sempurna agar air masuk dalam kerangka, keluar semuanya 100 persen. Karena sistem drainasenya sempurna,” seru Irul, sapaan akrabnya dalam media gathering di Dealer Yahama Basuki Rachmat Kota Malang pada Sabtu (28/10/2023).

Irul menjelaskan, Yamaha  menggunakan 3 (tiga) tipe rangka pada semua motornya, yakni delta box, under bone dan diamond. Tipe rangka tersebut tergantung dari jenis motornya misal matic, sport, motor trail atau matic.

“Pada rangka Yamaha dilengkapi beberapa lubang, tujuannya ketika ada air masuk melalui body atau panel yang melekat pada rangka, bisa langsung keluar. Sistem drainase sempurna ini sudah ada pada semua tipe rangka sejak diproduksi sekitar tahun 2.000-an,”paparnya.

Foto Yamaha Crew saat mengujicobakan air yang dimasukkan dalam pipa rangka dan mengukur kembali volume air yang keluar.Yamaha Crew saat mengujicobakan air yang dimasukkan dalam pipa rangka dan mengukur kembali volume air yang keluar.

Demo uji coba pun dilakukan langsung, sebanyak 1 (satu) liter air dimasukkan melalui lubang kerangka di bagian ekor motor. Kemudian diamati dan dikur kembali air yang keluar, berjumlah sama 1 liter keluar dari pipa depan dengan kemiringan kemiringan paling mendasar di bawah.

“100 persen keluar semuanya secara sempurna, artinya tidak ada air yang mengendap atau tertahan di dalam pipa kerangka,” ungkapnya.

Untuk kekuatan rangka, Irul menjelaskan bahwa motor milik Yamaha semuanya telah memenuhi standar yakni dengan ketebalan 2.3 milimeter. Selain itu, sudah dilapisi cat anti korosi . 

"Bukan sekadar cat dasar untuk keindahan, tapi juga anti korosi dengan sistem celup. Sehingga benar-benar merata tak hanya di luar, namun juga didalam pipa kerangka,” bebernya.

Untuk membuktikan kekuatan kerangka motor pada korosi, lanjut Irul, Yamaha menguji coba dengan disemprot air garam selama 240 jam. Berkat sistem cat sempurna, rangka yang disemprot tidak mengalami masalah hingga korosi dan patah.

“Jika ada konsumen Yamaha yang menghendaki untuk pengecekan drainase pada frame, silahkan datang ke bengkel. Kami juga ada promo paket service hebat (hemat bersahabat) untuk sevice umum dan jika ada keluhan,” jelasnya. 

Branch Manager Area Malang, Jhupy Kurniawan mengatakan, kerangka motor Yamaha memang didesain tidak gampang patah dan tidak keropos. Dibuktikan dengan air yang masuk dan yang keluar sama jumlahnya.

"Tidak ada sambungan, kalau pun ada sambungan itu bisa dilas secara robotik,” terangnya. 

Dengan viralnya kerangka motor yang keropos hingga patah milik kompetitor, dijelaskan Jhupy cukup membuat sejumlah konsumennya was-was. Sehingga lewat agenda media gathering, Yamaha ingin memberitahukan garansi kualitas yang dimiliki oleh Yamaha, bahwa semua kerangka motor Yamaha dijamin aman dan nyaman.

"Dijamin produk Yamaha memiliki kerangka motor yang tangguh, awet dan anti keropos,” ujarnya. 

Selain itu Yamaha juga memberikan fitur menarik miliknya yaitu untuk produk yang rilis tahun ini ada fitur connected. Kehadirannya membuat konsumen bisa tahu kondisi aki baterai dan sebagainya. 

"Kita pingin smartphone terkoneksi dengan motor. Ada teknologi connected, keuntungannya apa? bisa kondisi aki dan baterai, rata rata pemakaian bahan bakar (yang bisa diketahui per hari), bisa google tag mungkin ke depannya bisa membantu lagi, bisa tau putaran mesin," imbuhnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Yamaha Basuki Rahmad Yamaha Malang yamaha Selalu di depan Kota Malang