Nasib Selebgram Medan, Sedot Lemak di Klinik Kecantikan Berujung Meninggal Dunia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

30 Juli 2024 10:20 30 Jul 2024 10:20

Thumbnail Nasib Selebgram Medan, Sedot Lemak di Klinik Kecantikan Berujung Meninggal Dunia Watermark Ketik
Selebgram asal Medan, Ella Nanda Sari Hasibuan. (Foto: Instagram @ellanzr)

KETIK, JAKARTA – Seorang selebgram asal Medan, Sumatera Utara, Ella Nanda Sari Hasibuan, meninggal dunia setelah diduga melakukan operasi sedot lemak.

Prosedur sedot lemak yang dijalani perempuan 30 tahun itu dilakukannya di salah satu klinik kecantikan yakni WSJ Beauty di Beji, Depok, Jawa Barat pada Senin (22/7/2024).

Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana mengatakan berdasar pendalaman sementara, tindakan sedot lemak terhadap korban itu dilakukan oleh dokter berinisial A serta dua orang perawat berinisial K dan T.

Ia menjelaskan berdasarkan keterangan dokter, saat itu korban ingin melakukan operasi sedot lemak di lengan kanan dan kiri. Operasi disebut berhasil dilakukan di salah satu lengan korban.

Korban sempat dilarikan ke rumah sakit, namun akhirnya dinyatakan meninggal.

"Yang satu lengan berhasil yang satu lengan begitu diambil ternyata ada masalah di situ. Pembuluh darahnya pecah sehingga mengakibatkan korban ini harus dirawat intensif dan meninggal dunia pada akhirnya," kata Arya dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id Minggu (28/7/2024).

Arya mengatakan pihak keluarga korban belum membuat laporan ke pihak berwajib. Namun, proses penyelidikan tetap akan dilakukan.

Polisi telah memeriksa dua orang saksi, yakni dokter yang menangani korban serta suami dari pemilik klinik kecantikan tersebut.

"Saya tegaskan, bahwa ini bukan delik aduan, jadi ini tindak pidana murni yang kalau siapa pun mengetahui bisa melaporkan, sekalipun keluarga tidak melaporkan, atau misalnya keluarga tidak menuntut, tetap ini bisa dilakukan penyidikannya, kalau memang terbukti ada malapraktik di situ atau ada tindak pidana di situ kita akan lakukan," kata Arya.

Polisi masih mendalami apakah pecah pembuluh darah tersebut menjadi penyebab kematian korban atau bukan. Arya mengatakan polisi juga akan mendalami dugaan kelalaian terkait kasus tersebut.

Arya mengungkapkan ini masih didalami, kalau kelalaian pihaknya masih dalami, kan prosedurnya ada.

"Jadi yang kita lakukan nanti adalah melakukan pengecekan, pertama perizinannya, kedua kapabilitas dokter nya bagaimana," terangnya

"Jadi dokternya ini punya sertifikasi itu, apakah dia memang bidang nya khusus di bidang itu, nanti itu akan kita dalami dan akan kita periksa secara resmi," imbuhnya.

Arya mengatakan pihaknya membuka peluang akan melakukan proses ekshumasi untuk mengusut kasus ini. Diketahui, korban telah dibawa pihak keluarga dan dimakamkan di kampung halaman.

"Ya nanti kita lihat ke depannya. Kemungkinan demikian (bakal diekshumasi). Kalau kasusnya berlanjut pasti kita akan melakukan autopsi, wajib itu. karena kan orang meninggal dunia karena apa, itu harus kita ketahui penyebabnya itu yang menjadi dasar dalam penyidikan kita," pungkas Arya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Selebgram Medan meninggal sedot lemak Ella Nanda operasi sedot lemak Selebgram Medan meninggal