Sambut Porprov 2025, Kios Bekas Pasar Relokasi di Stadion Kota Batu Mulai Dibongkar

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

22 April 2024 13:07 22 Apr 2024 13:07

Thumbnail Sambut Porprov 2025, Kios Bekas Pasar Relokasi di Stadion Kota Batu Mulai Dibongkar Watermark Ketik
Kios bekas tempat relokasi pasar di kawasan Stadion Brantas Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kios bekas tempat relokasi pasar di kawasan Stadion Brantas Kota Batu mulai dibongkar. Kawasan stadion Brantas akan dikembalikan ke fungsi awal.

Hal itu dilakukan Pemkot Batu sebagai salah satu persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2025.

Adapun Kota Batu bersama Kota Malang dan Kabupaten Malang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga yang bergulir setiap dua tahun sekali tersebut.

Selain itu, pembongkaran sebanyak 1.136 kios itu karena telah terjualnya kios-kios tersebut melalui proses lelang lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Malang. 

"Proses pembongkaran dan pembersihan sisa kios pasar yang ditinggalkan oleh pedagang sudah mulai dilaksanakan. Kemudian akan dilanjutkan dengan penataan kembali kawasan Stadion Brantas," kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, Senin (22/4/2024).

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyatakan, luas kios yang dibongkar sekitar 4.544 meter persegi. Lelang yang telah diumumkan oleh Pemkot Batu sebesar Rp 159.580.000. 

Sedangkan, untuk pedagang pasar pagi yang saat ini masih berada di dalam area stadion, juga akan segera dipindah ke Pasar Induk Among Tani. 

"Desain Stadion Brantas sudah ada dari hasil sayembara yang telah dilakukan sebelumnya. Sehingga kami tinggal mengaplikasikan desain tersebut," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Batu, Eny Rachyuningsih menambahkan, Pemkot Batu telah bersurat ke KPKNL untuk memohon pelaksanaan penilaian barang milik daerah (BMD). 

"Dari tahapan penilaian itu, ditemukan limit harga Rp 153.580.000. Kemudian setelah dilakukan proses lelangan, didapati harga lebih tinggi dari limit yang telah ditetapkan KPKNL. Yakni sebesar Rp 159.580.000," jelasnya .

Seperti diketahui, pembangunan pasar relokasi tersebut menelan anggaran Rp4,7 miliar. Dengan bentuk bangunan semi permanen, menggunakan bahan galvalum, atap asbes dan berdinding spandek. 

"Hasil lelang kios bekas pasar relokasi tersebut, akan masuk dalam kas daerah," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Kios Pasar Relokasi Stadion Brantas Porprov Jatim 2025