1 Abad NU, Cak Udin Bersama Warga Bantur Malang Adakan Pengajian

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: Irwansyah

8 Februari 2023 05:46 8 Feb 2023 05:46

Thumbnail 1 Abad NU, Cak Udin Bersama Warga Bantur Malang Adakan Pengajian Watermark Ketik
Pengajian dalam rangka 1 abad NU. (Foto: Cak Udin Media Center)

KETIK, MALANG – Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid bersama warga Bantur, Kabupaten Malang menggelar pengajian dalam rangka memperingati 1 Abad NU. 

Cak Udin sapaan akrabnya melibatkan tokoh masyarakat, MWC NU Bantur, Ranting NU, dan masyarakat umum untuk mengikuti pengajian. Sebagai penceramah, pihaknya menghadirkan Kiai Mustaghis. 

Menurut Cak Udin, sapaan akrab Hasanuddin Wahid, kegiatan memperingati 1 Abad NU sesuai dengan instruksi Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar kepada struktur dan kader PKB untuk melaksanakan berbagai bentuk kegiatan, khususnya doa bersama serta syukuran 1 Abad NU yang pada tanggal 16 Rajab 1444 H atau bertepatan dengan tanggal 7 Februari 2023 resmi menginjak usia 100 tahun. 

"Kami bersyukur bisa berkumpul bersama-sama para kiai sepuh, kiai langgar, dan tokoh masyarakat di Bantur untuk pengajian dan berdoa bersama," ungkapnya. 

Sekjen DPP PKB ini mengungkapkan bahwa pengajian dan istighosah di Turen ini merupakan wujud kecintaan terhadap Nahdlatul Ulama, terutama menyambung dan berharap barokah para muassis NU. 

Ia menekankan, 1 abad NU sebagai momen refleksi seluruh kader NU, nahdliyin, tenang keberadaan serta kebermanfatan NU kepada umat.

"Menjadi ormas dengan basis massa terbesar hingga menginjak 100 tahun adalah anugerah luar biasa dari Allah. Sebagai nahdliyin, kita teruskan perjuangan para muassis NU untuk terus menambah manfaat kepada umat," ucap pria kelahiran Kota Batu ini. 

NU kata Cak Udin, berperan aktif mengawal implementasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan masyarakat. NU memiliki paham keagamaan yang tawasuth (moderat), tasamuh (tolerans), tawazun (seimbang) dan amar ma'ruf nahi munkar. 

"Dengan doktrin yang demikian, NU senantiasa berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan manusia," ujarnya. 

Untuk diketahui, Nahdlatul Ulama (NU) didirikan pada 31 Januari 1962. Tahun ini NU memasuki usia 100 tahun atau 1 abad. Perayaan hari lahir (Harlah) 1 Abad NU mengusung tema Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru. Puncak perayaan diselenggarakan pada 7 Februari 2023 di Sidoarjo. (*)

Berikut 10 titik pengajian serentak yang digelar Cak Udin: 

1. Turen: pengajian dan istighosah
2. Bantur: pengajian
3. Sumber pucung: istighosah dan pertunjukan kesenian kuda lumping
4. Pakis: pengajian dan kesenian sakera
5. Bululawang: sholawatan
6. Pujon: pengajian dan istighosah
7. Jabung: sholawatan dan pengajian
8. Kedungkandang: pengajian dan istighosah
9. Sukun: pengajian dan istighosah
10. Lowokwaru: istighosah

Tombol Google News

Tags:

Cak Udin 1 Abad NU Malang pkb