11 Negara Asean Ramaikan Asean University Games 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

24 Juni 2024 12:12 24 Jun 2024 12:12

Thumbnail 11 Negara Asean Ramaikan Asean University Games 2024 Watermark Ketik
Rektor Unesa Prof Nurhasan, Senin (24/6/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 11 negara Asia Tenggara ikut meramaikan Asean University Games (AUG) 2024 yang digelar di Surabaya dan Malang pada 25 Juni hingga 6 Juli 2024. Sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan di AUG 2024 ini.

Even olahraga antar perguruan tinggi se-ASEAN ini melibatkan partisipasi aktif dari 11 negara anggota Asean meliputi  Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina.
 
“Diperkirakan sekitar 4.000 sampai 5.000 orang (atlet, pelatih, official, supporter, dst) dari berbagai negara akan datang ke Jawa Timur dalam AUG 2024 ini,” ucap Nurhasan, Rektor UNESA sekaligus PIC AUG 2024, Senin (24/6/2024).
 
AUG 2024 ini memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) yang meliputi, Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Climbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.
 
Cabor tersebut dilaksanakan di sejumlah lokasi yang melibatkan Koni Jatim dan 9 perguruan tinggi, baik yang ada di Surabaya maupun Malang. Adapun venue cabang olahraga (venue cabor) AUG 2024 rinciannya sebagai berikut.
 
- Klaster Surabaya


Universitas Negeri Surabaya (Unesa): Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Athletics, dan Basketball
KONI Jatim: Swimming, dan Sport Climbing
Universitas Airlangga (Unair): 3X3 Basketball, dan Judo
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Handball
Universitas Surabaya (Ubaya):  Wushu, dan Bridge
UPN Veteran Jatim: Chess
 
- Klaster Malang


Universitas Negeri Malang (UM): Badminton, Archery, dan Beach Volleyball
Universitas Brawijaya (UB): Sepak Takraw, dan Taekwondo
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Pencak Silat
Universitas Islam Malang (Unisma): Karate

Opening Ceremony AUG 2024 akan dilaksanakan di International Basketball Arena, Unesa Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya. Koordinator AUG 2024, Muhammad Arif Al Ardha mengatakan bahwa terkait persiapan opening ceremony pihaknya sudah melakukan simulasi dan pemetaan.

“Untuk pagelaran di upacara pembukaan nanti melibatkan talent, yang terdiri dari artis nasional dan mahasiswa yang akan menyuguhkan penampilan-penampilan,” jelas Nurhasan.

Pembukaan AUG dihadiri atlet, pelatih dan official tim dari masing-masing negara dan jajaran pimpinan ASEAN University Sports Council (AUSC). Akan hadir juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, PP BAPOMI (Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia), jajaran federasi dan organisasi olahraga pusat hingga daerah, pemerintah daerah-kota, dan pihak-pihak terkait lainnya.
 
Unsur yang Terlibat dalam Panitia AUG 2024

Perhelatan Kompetisi bergengsi tingkat Asia Tenggara ini melibatkan sejumlah unsur yang tergabung dalam Panitia AUG 2024 yang terdiri dari: PP Bapomi, Komite Olahraga Nasional Indonesia, Komite Olimpiade Indonesia, Pengurus Besar Cabang Olahraga, dan Bapomi Jawa Timur.

Dari unsur pemerintah yaitu Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, TNI-Polri, Direktorat Belmawa, Pusat Prestasi Nasional, dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia.
Di daerah juga melibatkan peran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kota Malang, dan Pemerintah Kabupaten Malang.

Sementara dari unsur perguruan tinggi terdiri dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Universitas Surabaya (Ubaya), UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Islam Malang (Unisma). (*)

Tombol Google News

Tags:

Asean University Games AUG Olahraga cabang olahraga jatim Unesa