2.376 Karya Mural Siswa SMA Se-Jatim Sabet Rekor Muri

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

12 Oktober 2023 08:07 12 Okt 2023 08:07

Thumbnail 2.376 Karya Mural Siswa SMA Se-Jatim Sabet Rekor Muri Watermark Ketik
Mural hasil karya siswa SMA,SMK dan SLB yang terpajang di depan Grahadi Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hari Ulang Tahun Jawa Timur Ke-78 tahun diwarnai berbagai penghargaan. Salah satunya yang dipersembahkan siswa SMK, SMA dan SLB se-Jatim dengan melukis mural di sepanjang Jalan Gubernur Suryo. 

Mural tersebut berjumlah 2.376 dan bertemakan prestasi yang ditorehkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Aksi melukis mural tersebut tercatat dalam rekor Muri sebagai Karya Mural Terbanyak di Indonesia. 

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Aries Agung Paewai menjelaskan karya dari SMA,SMK dan SLB ini merupakan apresiasi Dinas Pendidikan Prov Jatim untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. 

"Salah satu bentuk apresiasi yang kami wujudukan adalah dengan menggerakkan siswa kami untuk membuat mural tentang prestasi Provinsi Jawa Timur," ujarnya saat menerima penghargaan Muri saat upacara HUT Jatim di Grahadi, Kamis (12/10/2023). 

Aries menambahkan, mural ini sebagai gambaran bahwa siswa dan siswi di Jatim memiliki bakat seni gambar. 

"Pemecahan rekor Muri ini, kita ingin membuktikan kepada publik bahwa anak-anak kita hebat luar biasa bisa dengan menghasilkan karya-karya yang luar biasa," paparnya. 

Foto Mural dari siswa dan siswi wilayah Lamongan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Mural dari siswa dan siswi wilayah Lamongan. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Tidak hanya sekadar dipajang untuk HUT ke-78 Jatim, ribuan karya mural yang dibuat para siswa SMA, SMK dan SLB di 24 cabang Dindik Jatim wilayah juga dilombakan mulai dari tingkat sekolah, cabdindik hingga di tingkat provinsi. 

Tak hanya itu, manfaat lain dari karya mural yang dihasilkan ini sebagai wadah kreativitas siswa untuk mengembangkan bakat menggambarnya. 

"Dengan adanya kegiatan ini, semakin meyakinkan kami bahwa prestasi akademik juga bisa dibuktikan dengan prestasi lainnya sehingga bakat dan keahlian siswa bisa tertuang dalam karya-karya yang bermakna dan penuh arti dan menjadikan mereka terus bersemangat," pungkas Aries. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Ulang Tahun Jawa Timur HUT Jatim HUT Jatim Ke-78 tahun Rekor MURI mural karya SMA Kepala Dinas Pendidikan Prov Jatim Aries Agung