24 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jatim, Kapolda: Pengamanan Libatkan 19.154 Personel Gabungan

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

12 April 2023 23:56 12 Apr 2023 23:56

Thumbnail 24 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Jatim, Kapolda: Pengamanan Libatkan 19.154 Personel Gabungan Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah, Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Hermanto saat memimpin Rakor Operasi Ketupat Semeru 2023 di Mapolda Jatim, (12/4/2023). (Foto: Kominfo Jatim)

KETIK, SURABAYA Polda Jawa Timur beserta aparat gabungan siap mengamankan masa lebaran 2023 atau 1444 Hijriah. Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Toni Harmanto menyebut 19.154 personel gabungan bakal diterjunkan untuk mengamankan hari raya di berbagai wilayah Jatim.

"Pengamanan Lebaran 2023 diterjunkan dalam Operasi Ketupat Semeru 2023," ucap Irjen Toni kepada awak media.

Perwira tinggi bintang dua tersebut mengumumkan hal itu usai melakukan Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Ketupat Semeru 2023 di Mapolda Jatim, Rabu (12/4/2023).

Dalam rakor tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga hadir. Dia menyampaikan sekitar 24 juta orang diprediksi akan masuk Jatim di masa mudik lebaran.

"Pasti ada perputaran antara kota dengan kota, juga kabupaten. Kami akan menghadirkan kesiapan-kesiapan anggota, baik dalam pelaksanaan pengamanan sebelum Idul Fitri sampai dengan pasca-Idul Fitri," ucap Irjen Toni yang merupakan Alumnus Akpol 1988 itu.

Dia menambahkan, Gubernur Jatim menekankan quick response dalam pengamanan. Area publik seperti tempat wisata juga diharapkan tidak lepas dari perhatian aparat.

Mantan Kapolda Sumatera Barat dan Sumatera Selatan itu juga memberikan imbauan bagi pemudik yang menggunakan motor. Dia meminta para pemudik berhati-hati dan menggunakan alat keselamatan lengkap. Selain itu, kesehatan juga harus prima saat perjalanan ke kampung halaman.

"Kami berpesan untuk pengguna jalan agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jaga kecepatan kendaraan, kalau lelah harus istirahat. Sehingga tujuan mudik sampai ke alamat tujuan," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Operasi Ketupat Semeru mudik pengamanan lebaran Khofifah Polda Jatim