4 Fakta Menarik Presiden Soekarno, Nomor 2 Jarang Diketahui Publik

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

3 Agustus 2023 06:16 3 Agt 2023 06:16

Thumbnail 4 Fakta Menarik Presiden Soekarno, Nomor 2 Jarang Diketahui Publik Watermark Ketik
Presiden Soekarno (Foto: Kemendikbud.go.id)

KETIK, JAKARTA – Presiden Soekarno merupakan sosok yang sangat berjasa bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam membebaskan dari penjajahan. Bersama Mohammad Hatta, ia menjadi proklamator Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Berkat jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan, Presiden Soekarno patut menjadi teladan bagi generasi muda. Terutama keberaniannya dalam melawan penjajah.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sosok Presiden Soekarno, berikut 4 fakta tentangnya yang menarik untuk diketahui. Salah satunya jarang diketahui publik.

1. Lahir di Surabaya

Meski dimakamkan di Blitar, Presiden Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Tepatnya di Jalan Pandean IV Nomor 40 Kelurahan Peneleh Kecamatan Genteng, Surabaya.

Saat ini, rumah yang menjadi tempat bapak proklamator ini dilahirkan sudah dibeli oleh Pemerintah Kota Surabaya Surabaya. Bahkan, pemkot menetapkannya sebagai cagar budaya.

2. Pernah Ganti Nama

Presiden Soekarno diketahui pernah berganti nama. Saat lahir, dia diberi nama Koesno oleh orang tuanya hingga akhirnya diubah karena sakit-sakitan.

Nama Soekarno diambil dari nama seorang panglima perang Baratayudha 'Karna' yang huruf belakangnya diganti 'o'. Sementara 'su' adalah awalan yang berarti baik.

Presiden Soekarno juga sempat mengubah namanya menjadi Sukarno karena dianggap menggunakan ejaan Belanda. 

3. Seorang Arsitek

Presiden Soekarno dikenal sebagai seorang arsitek. Dia merupakan lulusan dari Technische Hoogeschool te Bandoeng yang saat ini dikenal sebagai ITB. Dia mendapat gelar insinyur.

Dengan latar belakang arsitek, Presiden pertama Republik Indonesia ini pernah memberikan masukan ke Pemerintah Arab Saudi untuk membangun tempat sa'i. Ide tersebut kemudian direalisasikan dengan renovasi besar-besaran di Masjidil Haram.

4. Harum di Negara Lain

Nama Presiden Soekarno cukup harum di negara lain. Banyak negara yang mengabadikannya sebagai nama jalan atau tempat karena jasa-jasanya terhadap negara tersebut.

Seperti Jalan Rue Soekarno di Rabat Maroko hingga Ahmed Soekarno St di Mesir. Bahkan, Hongkong dan Thailand membuat dua patung lilin yang menyerupainya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SOEKARNO Fakta proklamator