5 Kunci Sukses dari Bupati Kaimana Freddy Thie

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

20 Juni 2024 13:57 20 Jun 2024 13:57

Thumbnail 5 Kunci Sukses dari Bupati Kaimana Freddy Thie Watermark Ketik
Bupati Kaimanan Freddy Thie. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Humas IPDN)

KETIK, SURABAYA – Bupati Kaimana periode 2021-2024 Freddy Thie mengungkapkan dirinya memiliki 5 kunci sukses untuk mencapai tujuan, khususnya untuk daerah Papua Barat yaitu Kaimana.

Freddy menceritakan awalnya dirinya tidak memiliki cita-cita untuk memimpin sebuah daerah. Karena dirinya adalah terlahir dari darah pengusaha bukan birokrat.

Di tahun 2000 Freddy sudah menjadi Direktur PT Senja Group sampai menjadi CEO, lalu 2007 menjadi ketua DPC Partai Demokrat Kaimana kemudian 2010 menjadi anggota Gapensi dan Kadin. Lalu pada tanggal 26 April 2021, ia terpilih menjadi Bupati Kaimana.

Freddy Thie mengungkapkan ada 5 kunci sukses menurutnya yaitu pertama adalah berani bermimpi dan memiliki cita-cita, karena dari cita-cita itulah seseorang memiliki arah hidup.

"Mimpi itu menurut saya ucapan, ucapan sama dengan doa, kalau kita bilang diri kita tidak mungkin jadi sukses, itu kita sudah batasi diri kita untuk kita sukses," terangnya saat di Kuliah Umum dikutip dari Kanal Youtube Humas IPDN pada Kamis, (20/6/2024).

Yang kedua adalah harus bangga pada diri sendiri, sikap ini dapat bersifat positif atau negatif tergantung pada konteks dan cara seseorang mengekspresikannya.

Untuk menjaga agar bangga diri tetap positif, penting untuk bersikap rendah hati, tetap terbuka terhadap kritik, dan selalu menghargai kontribusi orang lain.

"Kita harus mengenal diri kita sendiri, dan hidup takut akan tuhan, bangga bukan hanya sombong tapi bangkit dari kegagalan, bangkit dari kekurangan," tegasnya.

Untuk tips yang ketiga, Freddy menambahkan bahwa pentingnya menyesuaikan dengan lingkungan, menurutnya lingkungan yang paling berpengaruh untuk pembentukan diri.

"Bagaimana kita membawa diri pintar-pintar dalam kehidupan masyarakat," paparnya.

Untuk yang keempat, dirinya tegas bahwa anak-anak muda tidak boleh menyerah, sikap tidak menyerah adalah ketekunan dan keteguhan dalam menghadapi tantangan, hambatan, atau kegagalan tanpa kehilangan semangat atau menyerah pada keadaan.

Sikap ini mencerminkan keberanian, ketahanan, dan komitmen untuk mencapai tujuan meskipun menghadapi kesulitan.

"Kalau kita gagal itu kita harus bangkit, gagal itu keberhasilan yang tertunda, hidup itu kita menghadapi masalah, hambatan dari waktu-waktu, tapi kita harus berhadapan dan menyelesaikan masalah itu," jelasnya.

Untuk tips yang terakhir, adalah fokus pada satu hal membantu seseorang untuk bekerja lebih efektif dan efisien, menghasilkan kualitas kerja yang lebih baik, dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat.

Keterampilan ini sangat berharga dalam berbagai aspek kehidupan, baik profesional maupun pribadi.

"Fokus dalam pekerjaan yang kita teladani, yang kita lakukan, kalau mau jadi pengusaha kaya, pengusaha sukses tidak bisa instan kerja baru 2-3 tahun kaya itu tidak bisa, butuh waktu. Ada tahapan sampe ke atas," pungkas Freddy Thie.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Kaimana Papua Barat freddy thie 5 kunci sukses