Ada Fasilitas Wi-fi Gratis di Kabupaten Pacitan, Ini Tiga Lokasinya

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

9 September 2023 03:44 9 Sep 2023 03:44

Thumbnail Ada Fasilitas Wi-fi Gratis di Kabupaten Pacitan, Ini Tiga Lokasinya Watermark Ketik
Ilustrasi Alun-alun Kota, menjadi salah satu titik lokasi yang terdapat fasilitas jaringan internet gratis yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat. (Foto: Dok. Ketik Media)

KETIK, PACITAN – Masyarakat Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kini bisa menikmati akses internet melalui wifi gratis di sejumlah ruang publik untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Beberapa ruang publik yang telah dipasang router Wireless Fidelity (WiFi) tersebut di antaranya, di Taman Perempatan Bapangan, Taman Bugar, dan Alun-Alun Pacitan.

"Ada tiga ruang publik yang telah dipasang router WiFi. Disana masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet secara gratis. Yang di alun alun ada di Gazebo besar, sama sisi timur tengah," kata Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan saat ditemui dikantornya (9/9/2023).

Foto Area free Wi-Fi Taman Bugar. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Area free Wi-Fi Taman Bugar. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Menurut dia, WiFi gratis yang terpasang di tiga ruang publik itu merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk menunjang kebutuhan akses internet pada masyarakat.

"Tahun ini, di Kabupaten Pacitan baru tiga router WiFi. Meski belum banyak namun tidak menutup kemungkinan ke depannya WiFi gratis juga akan dipasang di ruang publik lainnya," ungkapnya.

Bahkan, kata dia, WiFi yang tersedia di tiga ruang publik itu juga dipasang tanpa password. Masyarakat cukup mengaktifkan WiFi di masing-masing gadget, kemudian pilih WiFi dengan nama Kominfo Pacitan.

Meski gratis dan tidak menggunakan password, lanjutnya, masyarakat dipastikan tidak bisa mengakses situs atau konten negatif saat menggunakan jaringan WiFi tersebut. Agar fasilitas baik itu dapat dipergunakan berselancar internet secara positif.

"WiFi (wifi gratis) itu telah disetting dengan internet sehat sehingga yang bisa diakses hanyalah situs dan konten positif saja," ujar Kepala Bidang Teknologi dan Informasi Diskominfo Pacitan. (*)

Tombol Google News

Tags:

PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN pacitan DISKOMINFO PACITAN Wi-Fi Gratis