Ada Kampung Juara Paralayang di Kota Batu, Tempatnya Atlet Paralayang Berprestasi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

4 November 2023 14:00 4 Nov 2023 14:00

Thumbnail Ada Kampung Juara Paralayang di Kota Batu, Tempatnya Atlet Paralayang Berprestasi Watermark Ketik
Area Landing Paralayang di lapangan Songgomaruto, Kelurahan Songgokerto yang masuk kawasan kampung juara. (Foto: Sholeh/ketik.co.id).

KETIK, BATU – Pemkot Batu menobatkan RT 2 RW 3 Kelurahan Songgokerko, Kecamatan Batu, Kota Batu sebagai Kampung Juara. Ada 20 warga di RT 2 RW 3 Kelurahan Songgokerto yang menjadi atlet paralayang.

Itu karena tempat tinggal atlet tersebut dekat dengan landing paralayang di lapangan Songgomaruto, Kelurahan Songgokerto. Serta, tidak jauh dari take off paralayang di Gunung Banyak Kota Batu.

Prestasi nasional hingga internasional sudah jadi langganan mereka saat berkompetisi paralayang. Nama seperti Ardiansyah, Rika Wijayanti, dan Jafro Megawanto, Joni Effendi, Roni Pratama, Ike Ayu Wulandari adalah atlet Paralayang yang membanggakan Kota Batu.

"Kampung disini (RT 2) mayoritas juara paralayang, maka dari itu bersamaan dengan selamatan desa, selain membranding paralayang, ada peletakan batu pertama prasasti Kampung juara," urai Lurah Songgokerto, Arsyam Dhian Ramadhan, Sabtu (4/11/2023).

Menurut Arsyam, Pemkot Batu akan membranding Kampung juara mulai pintu masuk hingga ke area Landing Paralayang. Selain itu, Pemkot juga akan memperbaiki fasilitas umum yang ada di area Take off di Gunung Banyak.

"Selain itu di area take off nanti akan berkordinasi dengan pihak perhutani akan kita perbaiki fasilitas umum," tambahnya.

Beberapa fasilitas yang ada saat ini di area Landing Paralayang, urai Arsyam, yaitu spot selfi, lapak atau kios dan wisma atlet. Wisma atlet tersebut dipergunakan untuk istirahat atlet luar kota yang sedang berlatih paralayang di Kota Batu. 

"Kita juga sudah sediakan pencahayaan lampu untuk malam hari. Juga, ada wisma atlet disampingnya guest house. Jadi atlet luar kota yang berlatih di sini, bisa beristirahat atau menginap di wisma atlet," jelas Arsyam.

Arsyam menegaskan, masyarakat Songgokerto sangat mendukung penobatan kampung juara tersebut. karena hal tersebut bisa menjadi destinasi wisata baru di kota batu. Harapannya, selain para atlet termotivasi untuk terus berprestasi tetapi perekonomian warga sekitar juga terangkat.

"Saya selalu lurah dan juga warga sangat mendukung adanya kampung Juara ini. Karena bisa mengangkat perekonomian warga sekitar. Selain melihat, warga juga bisa berjualan, ojek juga dapat rejeki," tegasnya.

 

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Kampung Juara Paralayang