Amankan Percakapan WhatsApp Anda dengan Langkah Tambahan Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

4 Februari 2024 08:00 4 Feb 2024 08:00

Thumbnail Amankan Percakapan WhatsApp Anda dengan Langkah Tambahan Ini Watermark Ketik
Logo WhatsApp. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – WhatsApp adalah aplikasi chatting yang paling populer di dunia. Tak heran, banyak orang bertukar informasi penting melalui aplikasi ini. Sistem keamanan WhatsApp sebenarnya sudah cukup canggih, dengan menerapkan enkripsi end-to-end

Akan tetapi bukan berarti aplikasi besutan Meta tersebut bisa bebas sepenuhnya dari tindakan kejahatan siber yang berusaha mencuri data pribadi pengguna. 

WhatsApp sebenarnya memiliki beberapa fitur keamanan yang bisa digunakan untuk menjaga keamanan percakapan anda. Berikut ini adalah beberapa langkah tambahan yang bisa anda manfaatkan untuk menjaga data pribadi anda, simak ulasannya.

1.Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengamankan percakapan anda adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Langkah ini akan memberikan perlindungan tambahan jika ada seseorang yang mencoba masuk ke akun WhatsApp anda.

Anda akan diminta memasukkan PIN 6 digit saat melakukan reset atau verifikasi akun. Jangan pernah berikan kepada siapapun PIN anda. Karena PIN tersebut bersifat rahasia dan untuk mencegah data dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab.

2. Gunakan Aplikasi WhatsApp Resmi

Langkah selanjutnya adalah selalu menggunakan aplikasi WhatsApp resmi buatan Meta untuk menjamin keamanan data anda. Untuk mendapatkan aplikasi resmi, download aplikasi melalui play store atau google store. Pastikan nama aplikasi hanya tertulis WhatsApp, tanpa embel-embel apapun.

3. Gunakan Fitur Pesan Sementara

Saat mengirim informasi yang cukup sensitif dan rahasia, anda bisa mengaktifkan fitur pesan sementara atau View Once yang akan membuat pesan anda hanya dapat dilihat sekali. Dengan fitur ini penerima hanya dapat melihat pesan sekali saja tanpa bisa menyimpan, foward dan mengambil screenshoot.

4. Gunakan Fitur Kunci Chat

Selain fitur pesan sementara, anda juga memiliki opsi lain seperti kunci chat saat mengirim pesan rahasia. Dengan fitur ini pesan yang anda kirim akan lebih aman karena hanya dapat diakses dengan password.(*)

Tombol Google News

Tags:

whatsapp Meta Chatting Keamanan Enkripsi end-to-end Pesan Sementara Kunci Pesan Verifikasi Dua Langkah
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1