Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Malang, Atap Puluhan Rumah Beterbangan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

27 September 2024 21:42 27 Sep 2024 21:42

Thumbnail Angin Puting Beliung Terjang Kabupaten Malang, Atap Puluhan Rumah Beterbangan Watermark Ketik
Petugas ketika melakukan pendataan rumah rusak akibat puting beliung di Kabupaten Malang, Jumat, 27 September 2024. (Foto: BPBD Kabupaten Malang Kabupaten)

KETIK, MALANG – Bencana alam angin puting beliung terjadi di dua desa di Kabupaten Malang pada Jumat, 27 September 2024. Akibatnya, sebanyak 44 rumah mengalami kerusakan ringan dan sedang. Mayoritas atap rumah beterbangan disapu angin.

Dua desa di Kabupaten Malang yang diterjang angin kencang yakni Desa Ngasem Kecamatan Ngajum dan Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen. Di Desa Ngasem terdapat 22 rumah mengalami kerusakan bagian atap.

Sedangkan di Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen terdapat 18 rumah rusak. Rinciannya 15 rumah mengalami rusak ringan dan 3 rumah rusak sedang. Dampak bencana tersebut sudah ditangani BPBD Kabupaten Malang.

"Kejadian angin kencang sore hari, sekitar pukul 16.00 hingga 17.00," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, angin kencang tidak hanya merusak rumah-rumah milik warga. "Kabel listrik jatuh tertimpa pohon tumbang," ungkapnya.

Masih kata Sadono, pihaknya sudah berkoordinasi dengan desa melalukan pendataan terhadap rumah-rumah warga yang terdampak.

Menurutnya, yang dibutuhkan saat ini adalah terpaulin untuk menutup rumah yang rusak dan sembako bagi warga. Selanjutnya, ia mengimbau kepada warga agar mewaspadai angin kencang.

Mengingat belakang ini terjadi cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang di sejumlah wilayah Kabupaten Malang. Terutama di wilayah utara, timur dan sebagian selatan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bencana Angin Puting beliung Angin kencang Kabupaten Malang BPBD kabupaten Malang