Anies Baswedan Temui Komunitas Dalang di Solo 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

2 Februari 2023 06:02 2 Feb 2023 06:02

Thumbnail Anies Baswedan Temui Komunitas Dalang di Solo  Watermark Ketik
Anies Baswedan saat berada di NasDem Youth Festival di Gedung ITB. (Foto: instagram: aniesbaswedan)

KETIK, SURAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga calon Presiden (Capres) 2024 besutan Partai NasDem, Anies Baswedan, menggelar pertemuan dengan puluhan dalang dari berbagai daerah di Kebon Seni Timasan, Makamhaji, Sukoharjo, Rabu (1/3/2023) sore. 

Anies hadir dalam pertemuan itu sebagai pembina Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN) yang menjadi wadah para dalang. Dalam forum itu satu per satu dalang menyampaikan unek-unek, ide/saran, dan banyak masukan. 

“Saya jadi pembina sejak 2015. Sudah delapan tahun. Kami selalu menjaga silaturahmi. Apalagi di masa pandemi di saat kegiatan pewayangan banyak yang tak bisa terselenggara, kami menyelenggarakan secara virtual,” tutur dia. 

Kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta dalam pertemuan itu karena dirinya merupakan pembina dari Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara sejak tahun 2015 silam. 

“Komunitas itu tempat bernaungnya para dalang dan saya menjadi pembinanya sejak tahun 2015. Sudah delapan tahun dan kita selalu menjaga silaturahmi,” kata Anies. 

Anies Baswedan mengungkapkan selama masa pandemi kemarin pentas pertunjukan wayang pun tidak bisa terselanggara sehingga mengakali dengan menggelar pentas wayang secara virtual. Momen pertemuan tersebut sebagai ajang silaturahmi dengan para dalang yang sempat tidak pentas selama pandemi kemarin. 

“Silaturahmi dengan semua dalang-dalang itu dalam Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara. Kemudian kumpul bersama dan berdiskusi soal kebudayaan, memajukan seni wayang kulit sekaligus mereview apa-apa saja yang sudah kita kerjakan bersama selama delapan tahun ini,” ucapnya. 

Capres besutan NasDem ini berharap dengan adanya pertemuan itu ke depan kesenian tradisional wayang kulit itu tetap lestari dan sekamin berkembang. 

“Tukar pikiran dan tadi saya sampaikan belanja masalah. Apa-apa saja yang perlu kita tingkatkan lagi sehingga budaya kita lestari, berkembang dan makin kuat lintas generasi Jadi memang dikusi kebudayaan tadi," harapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Capres 2024 Anies Baswedan Solo dalang KPSBN Nasdem