Antisipasi Kelangkaan LPG, Pemkot Batu Bentuk Tim Koordinasi Pendistribusian

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

26 Juni 2023 05:13 26 Jun 2023 05:13

Thumbnail Antisipasi Kelangkaan LPG, Pemkot Batu Bentuk Tim Koordinasi Pendistribusian Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. (Foto: Pemkot Batu)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi kelangkaan dan melonjaknya harga LPG 3kg di Kota Batu. Hal itu sebagai imbas kelangkaan LPG 3kg di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Pemkot Batu membentuk Tim Koordinasi Pendistribusian LPG 3 kg melalui Surat Keputusan Nomor :188.45/200/422.012/2023 yang berlaku mulai 23 Juni 2023.

Menurut Aries, meskipun kelangkaan LPG 3 kg saat ini tidak terjadi di Kota Batu, namun Pemerintah perlu segera melakukan langkah-langkah antisipatif, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Tim tersebut akan lebih mudah melakukan pengawasan di lapangan.

"Meskipun tidak terjadi di Kota Batu, namun informasinya sudah meluas. Oleh karena itu, kita mengambil langkah antisipatif sehingga masyarakat lebih tenang, terutama dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha," jelas, Senin (26/6/2023).

Tim Koordinasi Pendistribusian LPG 3 Kg memiliki tugas yaitu pertama melaksanakan sosialisasi dan koordinasi rencana pendistribusian LPG 3kg. Kedua, mengkoordinasikan pelaksanaan pendistribusian LPG 3kg.

Ketiga, mengevaluasi pelaksanaan pendistribusian LPG 3kg. Keempat, melaksanakan pembinaan bersama Satker Perangkat Daerah serta pihak untuk memfasilitasi pendataan atau verifikasi rumah tangga dan usaha mikro pengguna LPG 3kg. Kelima, memfasilitasi penyelesaian permasalahan pendistribusian LPG 3kg.

"Keenam memfasilitasi kelancaran penyediaan dan pendistribusian LPG 3kg kepada konsumen dan Ketujuh melaksanakan pengawasan terhadap penetapan harga eceran tertinggi LPG 3kg," urai Aries.

Aries menegaskan agar Tim Koordinasi Pendistribusian LPG 3 Kg segera berkoordinasi dan turun ke lapangan. Ia juga meminta tim melaksanakan tugas-tugasnya secara sistematis dan terinci. Termasuk melakukan pengecekan ke distributor LPG 3kg untuk Kota Batu sebelum dan setelah Hari Raya Idul Adha.

"Saya meminta Tim Koordinasi Pendistribusian LPG 3 Kg juga melaporkan setiap waktu terhadap dinamika yang terjadi terkait distribusi dan jumlah kondisi ketersediaan LPG 3 kg di distributor atau pangkalan atau di kios-kios," tegasnya.

Untuk informasi, Tim Koordinasi Pendistribusian LPG 3 Kg yang diketuai oleh Sekretaris Daerah, Zadim Effisiensi, melibatkan berbagai unsur yaitu Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu, Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Batu, Satpol PP Kota Batu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Polres Batu, PT Pertamina Patra Niaga Wilayah Malang dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Dewan Pimpinan Cabang Malang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu LPG 3 kg Aries Agung Paewai