Antisipasi Penyalahgunaan Izin Tinggal Mahasiswa Asing, Imigrasi Kelas 1 Surabaya Gelar Diseminasi Edukasi

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

24 November 2023 00:42 24 Nov 2023 00:42

Thumbnail Antisipasi Penyalahgunaan Izin Tinggal Mahasiswa Asing, Imigrasi Kelas 1 Surabaya Gelar Diseminasi Edukasi Watermark Ketik
Imigrasi Kelas 1 Surabaya diseminasi edukasi mahasiswa asing di Surabaya, Kamis (23/11/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Guna mengantisipasi penyalahgunaan izin tinggal mahasiswa asing yang datang ke Surabaya, Imigrasi Kelas 1 Surabaya menggelar diseminasi edukasi mahasiswa Universitas Airlangga (Unair). Dari data Imigrasi Kelas 1 Surabaya pada 2023, ada sekitar 276 mahasiswa asing yang menimba ilmu di kota pahlawan.

"Selama tiga tahun terakhir, mahasiswa asing yang berkuliah di Surabaya terus meningkat. Pada 2021 ada 248 mahasiswa asing, jumlah itu meningkat pada 2022 menjadi 255 mahasiswa asing. Dan tahun ini total ada 276 mahasiswa asing di kota pahlawa," ucap Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Chicco A. Muttaqin, Kamis (23/11/2023).

Chicco terbuka untuk universitas yang ingin mendatangkan mahasiswa asing untuk memberikan informasi tentang izin tinggal keimigrasian bagi pelajar asing. "Kami sangat terbuka dan bisa mencari informasi ke kantor Imigrasi Kelas 1 Surabaya," ucapnya.

Di sisi lain, Kepala Divisi Imigrasi Jatim Herdaus mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud langkah preventif dalam mencegah penyalahgunaan izin tinggal.

"Kegiatan ini penting, karena semakin banyak mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di wilayah Surabaya," ujar Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Herdaus yang membuka kegiatan Surabaya Immigration Goes To Campus di  Hotel JW Marriott Surabaya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Eko Budianto selaku keynote speaker mengatakan bahwa kegiatan rutin diseminasi seperti hari ini, merupakan sebuah langkah yang sangat penting untuk memahami dan meningkatkan peran strategis kehumasan dalam penyebaran informasi Keimigrasian. Khususnya terkait peraturan-peraturan Keimigrasian.

"Apa yang diadakan oleh Kantor Imigrasi Surabaya bersama dengan Kadiv Keimigrasian Jatim adalah langkah bagus untuk memberikan informasi tentang aturan keimigrasian khusunya untuk mahasiswa asing dan membuka saluran dialog dua arah," ujar Sesditjen Eko Budianto. (*)

Tombol Google News

Tags:

Imigrasi mahasiswa asing Surabaya Imigrasi Kelas 1 Surabaya