Antusiasme Siswa Disabilitas YPAC Surabaya Ikuti MPLS 2023

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

17 Juli 2023 08:22 17 Jul 2023 08:22

Thumbnail Antusiasme Siswa Disabilitas YPAC Surabaya Ikuti MPLS 2023 Watermark Ketik
Raut kebahagiaan para anak disabilitas saat mengikuti MPLS secara serentak di SMKN 5 Surabaya, Senin (17/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kemeriahan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tidak hanya dirasakan oleh siswa SMA/SMK saja, tetapi juga siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Surabaya, Senin (17/7/2023).

Raut wajah mereka tampak bahagia bisa kembali sekolah bertemu dengan teman-teman baru, pelajaran baru dan lingkungan yang baru.

Kepala Sekolah SLB YPAC Surabaya, Isrumella mengatakan untuk SLB YPAC kegiatan MPLS biasanya berisi rehab sosial, ada rehab klinik dan pengenalan kelas vokasional.

"Di YPAC kami mengutamakan pengenalan kepada kepala sekolah, wali kelasnya, gurunya dan semua lingkungan yang ada disekolah," jelas Isrumella.

Untuk diketahui, 98 persen siswa SLB YPAC Surabaya menggunakan kursi roda atau yang biasa dikenal sebagai tuna daksa. Mereka memiliki gangguan terhadap gerak tubuh bagian atas dan bawah. 

Foto Para Siswa dan guru SLB YPAC Surabaya, Senin (17/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Para Siswa dan guru SLB YPAC Surabaya, Senin (17/7/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Di SLB YPAC ini ada total 79 murid dari jenjang TK hingga SMA. Mereka sebagian besar merupakan tuna daksa yang memiliki gangguan gerak tubuh dan hambatan pada intelektual," tambanya.

SLB YPAC Surabaya sendiri merupakan sekolah yang lolos menjadi sekolah penggerak di tahun 2021 sehingga sekolah ini sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar yang cocok untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

"Alhamdulillah sudah 2 tahun inj kami menerapkan kurikulum merdeka belajar yang pas dan sesuai dengan anak berdasarkan tingkat kompetensi," pungkasnya.

Ditemui di tempat yang sama, salah satu murid bernama Dafa mengungkapkan rasa senang karena dapat mengikuti kegiatan MPLS 2023 ini bersama teman-teman yang lain. Ini merupakan pengalaman yang berharga dapat bertemu teman teman baru.

"Senang sekali bisa ikut kegiatan ini dan bertemu dengan teman teman dari berbagai sekolah," ungkapnya.

Mengenai tahun ajaran baru siswa kelas 11 ini merasa antusias untuk mengikuti tahun ajaran baru di sekolah. Salah satu kegiatan yang menjadi favoritnya adalah kegiatan Pramuka dan olahraga.

"Nggak sabar buat sekolah lagi dan ikut kegiatan pramuka sama Olahraga," ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

MPLS 2023 siswa disabilitas SLB YPAC Surabaya Tuna Daksa Pendidikan Jawa timur