Apakah Wortel Bisa Mengurangi Mata Minus? Berikut Penjelasannya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

22 Juni 2024 16:45 22 Jun 2024 16:45

Thumbnail Apakah Wortel Bisa Mengurangi Mata Minus? Berikut Penjelasannya Watermark Ketik
Ilustrasi juice wortel. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Wortel merupakan salah satu sayuran yang cukup sering dibidangkan di meja makan. Selain memiliki banyak nutrisi penting wortel juga diketahui memiliki kandungan yang baik bagi mata.

Kandungan betakaroten dan vitamin A yang tinggi pada mata memang dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Lalu apakah dengan rutin mengkonsumsi wortel akan membantu mengurangi minus pada mata?

Seperti yang kita tahu jika kandungan karotenoid pada wortel dapat menjaga penglihatan agar tetap tajam. Selain itu, sayuran tersebut juga dapat mencegah tubuh kekurangan vitamin A.

Dokter optometri dr Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO, FIALVS memberikan penjelasan. Terkait hal tersebut tentu harus melihat usia terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan saat mencapai usia dewasa bola mata tidak lagi, sehingga cukup sulit untuk mengurangi mata minus.

"Jadi, kalau sudah dewasa makan wortel untuk mengurangi mata minus biasanya agak sulit. Karena itu ada lasik untuk yang di atas 18 tahun," jelas dokter Andri.

Akan tetapi berbeda halnya jika masih anak-anak atau dalam masa pertumbuhan. Konsumsi wortel yang cukup sangat dianjurkan untuk mencegah kerusakan mata, salah satunya minus.

"Kalau untuk anak-anak dalam usia pertumbuhan, kemungkinan masih bisa. Ini bisa untuk menahan laju minusnya," pungkasnya.

Berangkat dari hal tersebut, dapat diketahui jika wortel tidak dapat mengurangi angka minus pada mata. Akan tetapi disatu sisi wortel dapat mencegah kerusakan mata.

Oleh sebab itu langkah baiknya jika kita mengkonsumsi wortel sebagai proteksi untuk mata kita agar tetap sehat dan tidak gampang rusak.(*)

Tags:

kesehatan mata minus wortel Betakaroten Karatenoid Vitamin A