Apple Stop 5 Produknya Mulai Tahun Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

24 Desember 2023 06:30 24 Des 2023 06:30

Thumbnail Apple Stop 5 Produknya Mulai Tahun Ini Watermark Ketik
Ilustrasi iphone mini. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Perkembangan dunia teknologi berkembang dengan sangat cepat,tak jarang kita melihat beragam pemain teknologi mengeluarkan produk baru dengan beragam inovasi. Hal yang sama juga dilakukan oleh Apple yang setiap tahun selalu meluncurkan produk terbaru mereka.

Namun dibalik itu semua, Apple juga akan menghentikan produksi beberapa produk lamanya yang dinilai sudah usang atau tidak sesuai keinginan pasar. Dilansir MacRumors, Kamis (21/12/2023), terdapat beberapa produk yang akan dihentikan peredarannya di pasaran mulai dari smartphone, laptop hingga aksesoris.

Berikut ini kami ulas beberapa produk Apple yang akan dihentikan peredarannya pada tahun 2023.

 

1. Iphone mini

Setelah diumumkannya iphone 15, maka secara otomatis Apple menghentikan produksi iphone 13. Hal ini juga menjadi pertanda produksi iphone mini juga akan dihentikan. Dikarenakan seperti yang kita tahu iphone 15 hadir tanpa adanya varian mini.

Sekadar diketahui, iPhone 13 mini dilengkapi dengan layar 5,4 inci dengan bezel tipis. iPhone mini menjadi favorit di kalangan penggemar smartphone berukuran kecil.

 

2. Macbook pro 13 inci

Macbook pro 13 inci merupakan laptop yang memiliki desain berusia 7 tahun. MacBook Pro 13-inci secara efektif digantikan oleh MacBook Pro 14-inci entry-level baru dengan chip M3 standar.

Macbook pro 13 inci sendiri merupakan laptop terakhir dari Apple yang memiliki fitur Touch Bar. Sedangkan dengan adanya produk baru Macbook pro 14 inci tentu saja membawa beragam penyegaran dengan peningkatan performa yang lebih baik.

Foto Ilustrasi Macbook pro 13-inci. (Foto: Pexels)Ilustrasi Macbook pro 13-inci. (Foto: Pexels)

3. Aksesoris baterai magsafe

Aksesoris yang dirilis pada tahun 2021 ini memiliki kegunaan layaknya power bank dimana pengguna hanya perlu menempelkannya saja pada bagian belakang iphone 12 atau seri yang lebih baru. Aksesoris ini akan menempel secara magnetis karena dilengkapi dengan magnet.

Penghentian produksi magsafe dikarenakan perangkat iphone 15 yang baru sudah menggunakan USB type C. Sedangkan magsafe sendiri dalam pengecasan nya masih menggunakan lightning, sehingga dianggap ketinggalan jaman.

 

4. Pengisi daya magsafe duo

Pengisi daya magnetis, yang rilis pada 2020 ini juga dihentikan produksinya pada September 2023 lalu. Alqt inj merupakan aksesoris pengisi daya iPhone dengan keping pengisi daya magnetis yang juga bisa digunakan untuk Apple Watch. 

Sama dengan magsafe Alasan penghentian produksi aksesoris ini karena memiliki port pengisian daya Lightning, yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan teknologi.

 

5. Aksesoris berbahan kulit

Sebelumnya Apple menyediakan beragam aksesoris berbahan kulit untuk beragam perangkat mereka, seperti casing iPhone versi kulit, Dompet MagSafe, tali jam Apple Watch, dan banyak lagi.

Namun sebagai langkah untuk ikut melestarikan lingkungan, Apple memperkenalkan bahan kaun FineWofen baru untuk aksesori. Bahan ini diklaim memiliki jejak karbon yang jauh lebih rendah dibandingkan bahan kulit.(*)

Tombol Google News

Tags:

Apple teknologi iPhone Macbook pro Magsafe aksesoris