Bagas Kurniawan Terpilih Jadi Ketua Umum PB HMI, Santri dan Calon Doktor IPB

Jurnalis: Muhammad Faizin
Editor: Mustopa

12 Desember 2023 14:34 12 Des 2023 14:34

Thumbnail Bagas Kurniawan Terpilih Jadi Ketua Umum PB HMI, Santri dan Calon Doktor IPB Watermark Ketik
Bagas Kurniawan (tengah, memegang mic) usai terpilih menjadi Ketua Umum PB HMI dalam Kongres Pontianak. (Istimewa)

KETIK, PONTIANAK – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sukses menggelar suksesi kepemimpinan. Bagas Kurniawan terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang baru untuk masa khidmat 2023 – 2025.

Bagas Kurniawan yang merupakan alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dengan predikat cumlaude itu, sukses terpilih secara akalamasi dalam putaran kedua Kongres XXXII HMI di Pontianak.

Pada putaran pertama, persaingan pemilihan cukup ketat dengan Bagas Kurniawan memperoleh 48 suara, Husnul Qori (46 suara), Jusrianto (30 suara), Ryanda Barmawi (19 suara), Rifqi Hamdani (22 suara), Ali Zakiyudin (56 suara), dan Abdul Rizal (1 suara).

Namun, di putaran kedua, Husnul Qori, Jusrianto, Ryanda Barmawi, dan Rifqi Hamdani mengalihkan dukungan mereka kepada Bagas, sehingga Bagas terpilih sebagai Ketua Umum PB HMI 2023-2025 secara aklamasi.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan dari rekan-rekan kader HMI. Ini merupakan mandat yang berat, tetapi saya yakin, bersama kita bisa membawa HMI menjadi lebih berdampak dan relevan dengan tantangan zaman,” ujar Bagas.

Dalam kepemimpinannya, Bagas memperkenalkan visi #HMIUNTUKINDONESIA yang menekankan pada empat pilar utama. Yakni peningkatan kualitas pengkaderan, advokasi keadilan sosial, pemberdayaan sumber daya manusia, dan penguatan kerjasama lintas sektor.

“Kami akan mengupayakan pengembangan kader yang komprehensif, tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga keterampilan, karakter, dan integritas. Melalui advokasi keadilan sosial, kami ingin HMI menjadi suara bagi mereka yang tidak terdengar,” tutur kandidat doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

Ia juga menyoroti pentingnya kerjasama multisektor. “Kami akan mengintensifkan kerjasama dengan pemerintah, sektor swasta, LSM, dan institusi pendidikan untuk mengembangkan program yang inovatif dan berdampak,” ujar Bagas.

Foto Bagas Kurniawan yang terpilih secara aklamasi dalam putaran kedua, mendapat dukungan solid dari seluruh peserta. (Istimewa)Bagas Kurniawan yang terpilih secara aklamasi dalam putaran kedua, mendapat dukungan solid dari seluruh peserta. (Istimewa)

Partisipasi HMI dalam forum internasional juga menjadi fokus program kerja PB HMI di bawah kepemimpinan Bagas Kurniawan.

“Kami akan tingkatkan untuk memperluas jaringan dan memperkaya pengalaman kader kami,” ujar pria yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Avverous Nepen Kediri ini.

Bagas yang merupakan mantan Ketua HMI Cabang Depok ini, mendapat sambutan hangat dari seluruh peserta kongres. Dengan dukungan yang solid, Bagas diharapkan mampu mengimplementasikan visi dan programnya, membawa HMI menjadi organisasi yang lebih proaktif, inovatif, dan berkontribusi signifikan dalam pembangunan bangsa.

Bagas menutup pidatonya dengan pesan optimisme dan harapan.

“Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, kita akan memastikan bahwa HMI tidak hanya menjadi organisasi yang kuat, tetapi juga menjadi mitra penting dalam perjalanan pembangunan Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur. Mari kita bersama-sama mewujudkan impian ini," pungkas Bagas. (*)

Tags:

Bagas Kurniawan PB HMI Himpunan Mahasiswa Islam Kongres Pontianak UI IPB