Bantu Mobilisasi Warga, Dishub akan Luncurkan Trans Jatim Koridor III

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

21 September 2023 07:58 21 Sep 2023 07:58

Thumbnail Bantu Mobilisasi Warga, Dishub akan Luncurkan Trans Jatim Koridor III Watermark Ketik
Bus Trans Jatim. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk memberikan kemudahan akses transportasi terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah Gerbangkertasusila, Pemprov Jatim berencana akan menambah lagi koridor untuk bus Trans Jatim. Koridor yang akan diluncurkan adalah koridor III yang nantinya akan melayani rute Mojokerto-Balongpanggang (Gresik). 

Dinas Perhubungan Jatim saat ini telah menyiapkan armada dan halte yang nantinya akan digunakan untuk Trans Jatim Koridor III. Terdapat kurang lebih 40 halte dengan total jarak yang ditempuh sekitar 40 km. Rencananya koridor III ini akan diluncurkan dalam rangkaian HUT ke-78 Provinsi Jawa Timur.

"Untuk koridor III ini kami menyiapkan 22 armada dan 40 halte pemberhentian. Nantinya koridor III ini akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer," jelas Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono , Kamis (21/9/2023).

Foto Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Nyono menambahkan, pemilihan wilayah Balongpanggang, Gresik sebagai rute untuk Trans Jatim sebelumnya telah melalui berbagai kajian. Wilayah Balongpanggang selama ini tidak dilayani oleh angkutan umum, sehingga hal ini meminimalisir terjadi konflik yang sering terjadi pada angkutan yang telah ada sebelumnya.

"Di sana gak ada angkutan, jadi minim gesekan dengan angkutan umum yang sudah ada. Selain itu juga membantu masyarakat karena mereka di sana banyak yang menggunakan kendaraan pribadi," tambahnya.

Selain itu, keberadaan angkutan umum ini nantinya dapat membantu mobilitas warga, terutama bagi yang sering beraktivitas di Mojokerto dan Surabaya. Koridor III ini akan dilanjutkan lagi rutenya sampai terminal Bunder, hal ini dilakukan untuk mendukung konektivitas di wilayah Gerbangkertasusila.

"Jadi nanti rencananya dari Balongpanggang ini nanti kami akan lanjutkan sampai ke Bunder (Gresik). Tapi karena jaraknya yang jauh, rencananya akan kami bagi menjadi 2 koridor," tuturnya.

Nyono berharap keberadaan Trans Jatim dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang nyaman dan murah. Hal ini sangat penting untuk mendukung mobilisasi warga dan konektivitas.

Keberadaan Trans Jatim sejauh ini mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, dan diharapkan akan semakin banyak wilayah yang dapat dijangkau oleh Trans Jatim di wilayah Gerbangkertasusila.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dinas Perhubungan Jatim transportasi Trans Jatim Gerbangkertasusila mobilitas Konektivitas