Bawaslu Halsel Gelar Bimtek Pengawasan Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

24 Juni 2024 12:27 24 Jun 2024 12:27

Thumbnail Bawaslu Halsel Gelar Bimtek Pengawasan Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Watermark Ketik
Ketua Bawaslu Rais Kahar saat membuka Bimtek (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengawasan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar  pada Senin, (24/6/2024) di Ballroom Hotel Buana Lipu, Bacan Selatan.

Bimtek yang menghadirkan demisioner KPU Halmahera Selatan (Halsel) Rusna Ahmad sebagai narasumber ini, dihadiri seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Halsel.

Hadir pula Kepala Sekretariat Bawaslu Halsel Kamil Muis, anggota Bawaslu M. Hijra Hi. Kamuning, Hans Wiliam Kuarama dan Ketua Bawaslu Rais Kahar yang membuka dengan resmi Bimtek tersebut.

Sebelum membuka secara resmi kegitan Bimtek, Rais memberi spirit bagi para anggota Panwascam yang baru di lantik usai tahapan Pilpres dan Pileg beberapa bulan lalu. Menurut Rais tahapan pemutakhiran perlu di kawal ketat karena akan berimbas pada tahapan selanjutnya.

"Saya yakin dan percaya teman-teman Panwascam yang baru bergabung dengan keluarga besar Bawaslu Halsel bisa dan mampu mengawal tahapan pemutakhiran ini. Kita kawal dan awasi bersama tahapan penting ini. Agar tidak menjadi bias Di tahapan selanjutnya," ujarnya

"Bagi para teman-teman yang lama, agar tetap menjaga integritas dalam mengawasi. Karena teman-teman sekalian adalah ujung tombak kami di tingkat Kabupaten. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmannirrahim Bimtek ini saya buka dengan resmi," sambung Rais membuka Bimtek.

Sementara, Hijrah Kamuning dalam penyampaiannya mengatakan, dampak pada tahapan selanjutnya bergantung pada pengawasan tahapan pemutakhiran dan penyusun daftar pemilih yang akan sudah dimulai.

Ia menekankan, agar pengawasan di tahapan pemutakhiran ini harus lebih di ekstrakan. Karena pentingnya pengawasan ini, Hijrah tak ingin adanya manipulasi yang terjadi tahapan pungut hitung nantinya.

"Tahapan ini sangat penting. Intinya, harus ada pengawasan yang ekstrim sebagai pengawas Pemilu. Karena ini berdampak pada pungut hitung nantinya," kata Hijrah.

Selain Hijrah, anggota Bawaslu Halsel Hans Wiliam Kuarama juga mengemukakan agar Bimtek pengawasan pemutakhiran diikuti secara serius oleh Panwascam. 

Ia meminta agar peserta Bimtek aktif berinteraksi di setiap materi yang di paparkan oleh narasumber.

"Hari ini tahapan pencoklitan itu sudah dimulai. Oleh karena itu saya ingin sampaikan kepada teman-teman pada kegiatan Bimtek ini teman-teman harus serius," pinta Wily sapaan karib Hans Wiliam Kurama. 

Tags:

Bawaslu halmahera selatan Bimtek Pemutakhiran data Pengawasan Salam Awas Halsel
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1