BBKP Surabaya Fasilitasi Ekspor Sarang Burung Walet ke Tiongkok

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

20 Oktober 2023 04:31 20 Okt 2023 04:31

Thumbnail BBKP Surabaya Fasilitasi Ekspor Sarang Burung Walet ke Tiongkok Watermark Ketik
Badan Karantina Pertanian Surabaya saat Fasilitasi SBW PT TWI ke Tiongkok, (19/10/2023). (Foto: Dok. BBKP Surabaya)

KETIK, SURABAYA – UPT Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya, memfasilitasi ekspor Sarang Burung Walet (SBW) perdana ke Tiongkok setelah lolos audit dari General Administration of Customs of the People's Republic China (GACC) Tahun 2023 untuk PT. Top Wallet Indonesia (TWI) Kamis, (19/10/2023).

Tak mudah bagi PT TWI untuk mendapatkan aproval atau lolos audit dari GACC, mulai mendaftarkan ke GACC sejak tahun 2019, melengkapi semua ketentuan dan persyaratan serta audit yang dilaksanakan secara virtual, akhirnya berhasil lolos audit GACC di Tahun 2023.

“Terima kasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Karantina Surabaya yang telah membimbing kami, sehingga bisa lolos audit GACC dan mampu menjadi eksportir SBW tujuan Tiongkok dari Jawa Timur," ungkap Gunawan Widiono selaku Direktur PT. TWI.

Foto Produk sarang burung walet yang akan diekspor ke Tiongkok. (Foto: Dok. BBKP)Produk sarang burung walet yang akan diekspor ke Tiongkok. (Foto: Dok. BBKP)

Gunawan menjabarkan bahwa kali ni merupakan tonggak bersejarah bagi perusahaannya karena yang ditunggu dengan penuh harapan untuk memulai perjalanan ekspor SBW ke Tiongkok khususnya.

"PT. TWI bekerja dengan semangat sehat, sukses dan sejahtera. Tetap beribadah dengan tekun, jaga hubungan kekeluargaan serta bekerja keras, ikhlas dan cerdas," tutur Gunawan.

Adapun untuk kapasitas ekspor SBW yang disetujui oleh GACC untuk PT. TWI adalah sebesar 16,3 ton/tahun. Jika jumlah ekspor pertahun melebihi kuota yang telah ditentukan oleh GACC, perusahaan tersebut dapat di banned ekspornya, sesuai ketentuan dari GACC.

Ekspor perdana 50 kg SBW, dengan nilai ekonomis Rp 1,01 Miliar tujuan Tiongkok melalui Karantina Surabaya, wilayah kerja Bandara Juanda. Sebelum dikeluarkan Health Certifikat Pejabat Karantina Surabaya melakukan tindakan karantina, serta menempelkan stiker telah diperiksa sebagai keabsahan telah melalui serangkaian tindakan karantina.

Kepala Badan Karantina Pertanian Surabaya Cicik Sri Sukarsih menjelaskan hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Barantin dapat menjadi bagian dalam memfasilitasi ekspor perdana SBW ke Tiongkok ini.

Foto Pengecekan kembali BBKP untuk produk SBW yang akan diekspor. (Foto: Dok. BBKP)Pengecekan kembali BBKP untuk produk SBW yang akan diekspor. (Foto: Dok. BBKP)

'Selamat kepada PT. TWI, berhasil lolos audit GACC setelah perjalanan panjang sejak Tahun 2019. Saya harap ekspor dapat dilakukan secara kontinyu dan maksimal," ungkap Cicik Sri Sukarsih dalam sambutannya pada Jumat (20/10/2023).

Menurut Cicik, saat ini sudah tujuh perusahaan SBW di Jawa Timur yang teregistrasi GACC, semoga ada lagi perusahaan lainnya menyusul.

"Kami berkomitmen melaksanakan pendampingan dan bimbingan teknis jika terdapat kendala dalam pelaksanaan ekspor," paparnya. 

“Saya yakin PT. TWI dapat menjadi salah satu eksportir SBW sukses di Jawa Timur," tutup Cicik. (*)

Tombol Google News

Tags:

sarang burung walet PT TWI PT Top Wallet Indonesia Tiongkok BBKP