Beri Nafas Buatan, Manggala Agni Selamatkan Nyawa Anak Tenggelam

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: Muhammad Faizin

12 Oktober 2023 22:30 12 Okt 2023 22:30

Thumbnail Beri Nafas Buatan, Manggala Agni Selamatkan Nyawa Anak Tenggelam Watermark Ketik
Agus Supriyadi gendong anak usai di beri nafas buatan untuk dibawa ke jidan terdekat di Desa Gasing, Kabupaten Banyuasin Sumsel.

KETIK, PALEMBANG – Aksi heroik dilakukan salah satu anggota dari tim Satgas Karhutla Mangggala Agni Daops Banyuasin. Agus Supriyadi, nama anggota tersebut berhasil menyelamatkan nyawa anak tenggelam, Kamis (12/10/2023)

Anak tersebut tenggelam di kanal bekas galian, yang ada di Jalan Tanjung Api-Api Desa Gasing, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Diceritaka Agus Supriyadi, saat kejadian anak tenggelam itu, ia bersama tim gabungan satgas karhutla BPBD, TNI, Polri sedang melintas untuk melakukan patroli pemadaman di Jalan itu.

"Namun, saat melintas kami melihat beberapa orang warga berupaya menyelamatkan dua orang anak yang tenggelam di galian dekat pinggir jalan tersebut," ujar Agus saat dihubungi media online nasional Ketik.co.id.

"Anak tenggelam itu ada dua orang, saat melihat itu kami berhenti dan langsung membantu. Ada warga yang angkat anak tenggelam pertama yang berusia sekitar 10 tahun," sambung kata Agus. 

Namun masih ada lagi satu anak yang tenggelam. Dengan cepat, Agus lalu membantu untuk mengangkatnya keluar dari air. 

"Yang kedua tenggelam ini, anak berusia 6 tahunan. Saya langsung berupaya memberikan pertolongan pertama, tapi anak sudah 2 menit belum bernafas juga. Akhirnya saya memberikan nafas buatan dari mulut saya, dan korbanpun kembali bernafas Alhamdulillah," ungkap Agus

Setelah itu, Agus bersama warga dan rekan tim lainnya langsung membawa anak itu ke bidan terdekat dengan cara menggendong

"Saya gendong dan bawa ke bidan terdeket dengan motor warga. Alhamdulillah kedua anak itu selamat semuanya," kata Agus sambil mengucapkan rasa syukurnya bisa menyelamatkan nyawa kedua anak itu.

Sosok Agus dikenal rekan-rekan Manggala Agni, kerap sering menyelamatkan satwa dan bahkan memiliki jiwa sosial yang tinggi saat bertugas.

"Begitulah Agus orangnya sangat peduli sama orang lain, hewan saja ditolongnya apalagi manusia,"ucap Masri salah satu anggota Manggala Agni. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anak tenggelam Manggala Agni Satgas Karhutla Mangggala Agni Daops Banyuasin Satgas Karhutla Mangggala Agni Daops Banyuasin selamatkan anak tenggelam Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan