Berkat PNM, Rika Bisa Jual 1000 Kue per Hari 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

2 Februari 2023 10:28 2 Feb 2023 10:28

Thumbnail Berkat PNM, Rika Bisa Jual 1000 Kue  per Hari  Watermark Ketik
Potret Farika Linda Tanjung pemilik Rika Cakes sebagai Nasabah PNM. (Foto: dok. PNM) 

KETIK, JAKARTA – Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui progam Mekaar berhasil mewujudkan penguatan kapasitas usaha kepada nasabah agar lebih berdaya dan hidup sejahtera.

Pembiayaan PNM Mekaar dikucurkan kepada ibu-ibu prasejahtera yang sebenarnya sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha, namun terkendala modal.

Kisah inspiratif ini datang dari wanita bernama Farika Linda Tanjung yang sukses membangun bisnis kue yang ia rintis dari beberapa tahun yang lalu.

Saat ini Rika yang menetap di Jakarta Barat, dan tergabung dalam Mekaar Cabang Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Rika mengaku mengalami keterbatasan modal saat mau memulai usaha kue. Wanita 44 tahun ini mengalami pasang surut dalam menjalankan usahanya.

Ibu 6 orang anak ini melakukan semuanya sendiri mulai berbelanja bahan, memproduksi hingga melakukan pemasaran.

"Semua saya kerjakan sendiri, misalnya untuk pemasaran, saya titipin di warung-warung kecil di sekitar tempat tinggal saya, kadangkala tidak semua kue laku, kadang berhari-hari tidak laku jadi terpaksa diganti sama yang baru,” ungkapnya.

Berbeda sebelumnya, menurut Rika setelah Ia bergabung dengan PNM Mekaar juga mengikuti pelatihan maupun pembinaan karena itu Rika mampu membangun bisnis kuenya dengan pesat.

Wanita kelahiran Sragen ini mendapat pembinaan terkait manajemen keuangan, seperti cara memutarkan modal, membayar angsuran, dan berbagai peluang dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Tak hanya itu, dari program Mekaar Ia juga dapat belajar tentang arti kebersamaan, kedisiplinan, kejujuran, serta kerja keras dalam mengembangkan usaha.

“Berkat kerja keras dan berbagai pembinan dari PNM Mekaar akhirnya berbuah keberhasilan,” ungkap Rika.

Saat ini Farika mampu memproduksi kue dengan merk “Rika Cakes” rata-rata 1000 pcs per hari. Ke depan, ia berencana membuka toko yang khusus menjual kue buatannya.

Bentuk konsistensi PNM mendukung perekonomian pada Desember 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 202,4 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13.921.722 juta Nasabah. (*)

Tags:

PNM Mekaar modal usaha Farika Linda Rika Cakes Bisnis