Bertemu Pengusaha Tionghoa, Ganjar Lamar Novi Basuki Jadi Jubir

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

16 Oktober 2023 01:29 16 Okt 2023 01:29

Thumbnail Bertemu  Pengusaha Tionghoa, Ganjar Lamar Novi Basuki Jadi Jubir Watermark Ketik
Ganjar Pranowo saat makan siang bersama pengusaha Tionghoa di Surabaya. (Foto: TPN-GP)

KETIK, SURABAYA – Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sedang melakukan kunjungan di beberapa tempat di Surabaya, di acara pertemuan itu Ganjar mencurahkan isi hatinya.

Di momen ini, Ganjar Pranowo melamar Novi Basuki sebagai salah satu juru bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN-GP).

Hal itu dilakukan bakal calon presiden yang diusung PDI-P tersebut di hadapan ratusan pengusaha Tionghoa Jawa Timur yang berkumpul dalam acara temu sapa dan makan siang bersama di Restoran Ming Garden, Surabaya, Sabtu (14/10/2023).

"Saya sudah lama menonton video-video Cak Novi. Tanpa disangka hari ini bisa dipertemukan di sini. Disaksikan Bapak-Ibu sekalian, saya hari ini mau melamar Cak Novi sebagai jubir saya," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, dalam satu forum pernah mengutip pernyataan Novi tentang bagaimana pemimpin Tiongkok digembleng. Ia mengulangi pernyataan itu kemarin. 

"Di Tiongkok, mustahil ada orang yang tiba-tiba menjadi pemimpin karena berbekal popularitas dan kekayaan. Pemimpin Tiongkok ditempa dari bawah ke atas, sehingga benar-benar teruji kemampuannya," ujar Ganjar. 

Novi menimpali, untuk menjadi pemimpin Tiongkok, seseorang harus terbukti berhasil memimpin di tingkat desa, di tingkat kecamatan, di tingkat kabupaten, di tingkat provinsi, baru bisa naik ke jabatan presiden. 

"Di Indonesia, ada Pak Ganjar yang kepemimpinannya digodok berjenjang seperti itu. Kemampuannya tak diragukan lagi," sambung Novi. 

Seperti diketahui, Novi adalah alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Ia melanjutkan pendidikan sarjana hingga doktoralnya di Tiongkok. Ia lahir di Tamansari, salah satu desa di lereng Gunung Argopuro di Kabupaten Situbondo. 

Novi dikenal sebagai penulis, peneliti, dan pakar Islam di Tiongkok. Punya nama Mandarin Wang Xiaoming. Selama ini, ia memfokuskan perhatiannya pada politik, agama, sejarah, dan hubungan luar negeri Indonesia dengan Tiongkok. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ganjar Pranowo Novi Basuki Tim Pemenangan Nasional Ganjar Ganjar Presiden PDI - P pengusaha Tionghoa Ming Garden pemilu2024 pilres2024