Bupati Halsel Dorong Obi Fishing Tournament Harita Nickel Digelar secara Nasional

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

12 Mei 2024 06:22 12 Mei 2024 06:22

Thumbnail Bupati Halsel Dorong Obi Fishing Tournament Harita Nickel Digelar secara Nasional Watermark Ketik
Bupati Bassam Kasuba Saat Pembukaan Obi Fishing Tournament Harita Nickel (Foto Samsudin Chalil For Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Hasan Ali Bassam Kasuba ikut mendorong agar event Obi Fishing Tournament 2024 yang digagas PT. Harita Nikel masuk event nasional.

Kegiatan Obi Fishing Tournament 2024, dengan tema 'Pesona Mangael Ikan di Kawasi dan Soligi' digelar selama dua hari sejak Sabtu (11/5/2024) hingga Minggu (12/5/2024) yang dipusatkan di Desa Soligi, Kecamatan Obi Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti 150 peserta dari Desa Kawasi dan Soligi dan pelaksanaan kegiatan ini sudah memasuki tahun ke iga yang dimulai sejak 2022.

”Setiap tahun pesertanya terus meningkat. Kegiatan ini pertama kali digelar di Desa Kawasi, kemudian tahun ini di gelar di Desa Soligi,”ungkap pimpinan PT Harita Nickel melalui Head of External Relations, Latif Agung Supriadi, pada acara pembukaan.

Latif menjelaskan, ada beberapa alasan PT Harita Nickel menyelenggarakan kegiatan ini, tujuannya tidak hanya sekadar mancing, tetapi ada makna lain. Sebab PT Harita Nikel yang beroperasi di wilayah Obi tentunya ingin berkolaborasi degan semua pihak yang di dalamnya ada masyarakat dan pemerintah kabupaten.

“Kegiatan ini juga bagian dari silaturahmi dan PT Harita juga berkomitmen menjaga kelestarian alam sekitar, khususnya di Pulau Obi yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati,” jelasnya.

Foto Bassam Kasuba, jajaran pimpinan Harita Nickel dan Sejumlah Peserta Fishing Tournament. (Foto Samsudin Chalil For Ketik.co.id)Bassam Kasuba, jajaran pimpinan Harita Nickel dan Sejumlah Peserta Fishing Tournament. (Foto Samsudin Chalil For Ketik.co.id)

Latif menekankan, kegiatan event Obi Fishing Tournament 2024 yang digelar saat ini sasaran utamanya adalah mendorong sektor pariwisata di bidang perikanan, sehingga ke depan event ini bukan saja sebagai event lokal tapi sudah berskala nasional.

“Harapan kami kegiatan ini bisa dilakukan rutin setiap tahun dan bisa berkolaborasi dengan pemerintah, sehingga event Obi Fishing Tournament 2024, bisa menjadi event nasional sehingga bisa menghadirkan kementrian pariwisata dan kementrian perikanan,” tandasnya.

Sementara Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba saat membuka event Obi Fishing Tournament 2024 menyatakan, kegiatan Obi Fishing Tournament 2024, menjadi agenda positif sekaligus bagian dari kolaborasi antara PT Harita grup, Pemkab Halmahera Selatan beserta masyarakat.

Kegiatan Obi Fishing Tournament 2024 juga bagian dari mempererat tali silaturahmi, sekaligus memahami adanya potensi potensi alam yang ada di Pulau Obi.

“Terimaksih PT. Harita atas kolaborasinya menjaga potensi SDA yang ada di Obi, karena bagimanapun nikmat yang Allah berikan sekarang baik laut, tambang dan pertanian perlu ada perhatian kita semua untuk menjaga potensi-potensi yang ada ini,” kata Bassam.

Politisi PKS Halsel tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya mempromosikan potensi wisata laut di pulau Obi dan juga Halmahera Selatan, sebagai salah satu destinasi wisata.

Pria kelahiran Islamabad Pakistan ini juga ikut mendorong agar event Obi Fishing Tournament dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan bisa digelar berskala nasional, sehingga bisa mengundang peserta mancing mania dari berbagai daerah di Indonesia

“Mari kita sama sama memberikan support atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga event Obi Fishing Tournament bisa digelar secara nasional untuk tahun berikutnya,”pungkasnya.

Sekadar diketahui, bonus yang disiapkan PT. Harita Nikel pada pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu, untuk juara 1 mendapat uang tunai Rp 12 juta, juara II sebesar Rp 8 juta dan juara III sebesar Rp 5 juta .

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Kadis Pariwisata Halmahera Selatan, Kadis Perhubungan, Kadis Kelauatan dan Perikanan, Camat dan Kepala Desa Soligi.(*)

Tombol Google News

Tags:

halmahera selatan Obi Fishing Tournament Harita Nickel Pemda Halsel Laut Obi Mancing Mania Kawasi Soligi