Bupati Kaimana Bertemu Direktur Air Minum, Penantian 19 Tahun  Terjawab

Jurnalis: La Jen
Editor: Moana

17 September 2022 14:11 17 Sep 2022 14:11

Thumbnail Bupati Kaimana Bertemu Direktur Air Minum, Penantian 19 Tahun  Terjawab Watermark Ketik
Rapat koordinasi Kementerian PUPR di Jakarta

KETIK, KAIMANA – Kebahagiaan begitu terpancar dari wajah Bupati Kaimana Freddy Thie ketika bertemu dengan Direktur Air Minum Direktorat Jendral (Ditjen) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam agenda bersama Direktur Jendral (Ditjen) Cipta Karya pada Jumat malam (16/9/2022).

Hal ini disebabkan oleh penantian panjang masyarakat Kaimana terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih kini terjawab sudah setelah Direktur Air Minum KemenPUPR akan mengalokasikan anggaran operasionalnya untuk menyelesaikan permasalahan air di Kaimana.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kaimana ini menyampaikan bahwa sejak 19 tahun Kaimana berdiri sebagai Kabupaten permasalahan air masih belum dapat diselesaikan.

"Kita ini sudah 19 tahun jadi Kabupaten, tapi masalah air ini masih terus ada. Padahal bendungan dan IPAL kami sudah punya. Bahkan sudah saya cek langsung jaringan pipa dari bendungan itu sudah ada juga", kata Freddy.

Ia juga menambahkan bahwa setelah meninjau secara langsung di lapangan, ia langsung meminta Dinas PU Kaimana melalukan kajian untuk menemukan titik masalahnya.

"Waktu itu saya langsung perintah dinas lakukan kajian. Hasilnya ternyata aset-aset yang ada hari ini belum diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) sehingga pemda tidak bisa lakukan intervensi pengelolaan maupun perawatannya", tambah Bupati Kaimana ini.

Akibat dari itu, banyak jaringan pipa yang tidak terawat dan sudah tidak lagi berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat mengalir ke IPAL sampai ke rumah masyarakat.

Menyambut hal itu, Ir. Anang Muchlis selaku Direktur Air minum berkomitmen untuk membantu pemda Kaimana dalam menyelesaikan permasalahan air.

"Terima kasih pak Bupati sudah datang dan sampaiakan masalah ini. Saya akan tindaklanjuti, saya akan alokasikan anggaran dari operasional kami untik selesaikan masalah air di Kaimana," sambut Direktur Air Minum ini.

Lebih lanjut, Anang juga meminta proses penyelesaian tidak hanya dari kementrian semata tapi juga harus ada dukungan dan kolaborasi dari Pemda Kaimana.

"Untuk selesaikan masalah ini, saya minta juga pak Bupati bisa bantu ya. Kita berkolaborasi dalam artian Pemda juga harus komitmen jamin kelancaran di daerah, segera bentuk kelembagaan untuk mengelola aset agar setelah diserahkan bisa dirawat kedepannya", lanjut Anang.

Mendengar hal itu, dalam kesempatan yang sama Bupati Freddy langsung menyampaikan terima kasih atas atensi yang berikan Direktur Air Minum ini.

"Puji Tuhan terima kasih Pak Anang atas respon yang baik ini. Jujur saja pak masalah air ini sudah dirindukan masyarakat Kaimana sejak dulu jadi di depan pak Anang juga saya pastikan dan saya jamin kelancaran di daerah", tegas Bupati Freddy disambut tepuk tangan.(*) 

Tombol Google News

Tags:

freddy thie Bupati Kaimana Dirjen Air Minum KemenPUPR