Bupati Kaimana Freddy Thie Dorong PKK Lahirkan Pelaku UMKM

Jurnalis: La Jen
Editor: Irwansyah

21 September 2022 22:53 21 Sep 2022 22:53

Thumbnail Bupati Kaimana Freddy Thie Dorong PKK Lahirkan Pelaku UMKM Watermark Ketik
Bupati Kaimana Freddy Thie saat memberikan sambutan di Rakerda TP PKK.

KETIK, KAIMANA – Bupati Kaimana Freddy Thie didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Donald R. Wakum, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Ray Ratu D Come, Kepala Dinas Perindagkop UKM Agustinus Janoma dan Kepala Dinas Sosial Yakob Surbay menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PPK) Kaimana pada Rabu (21/09/2022) di Gedung Pertemuan Krooy.

Ketua Tim Penggerak PKK Ernawati dalam sambutannya mengatakan bahwa TP. PKK di bawah kepemimpinannya memiliki komitmen untuk mendukung setiap agenda pemerintah daerah (Pemda).

"Saat ini kami memiliki 10 program pokok guna mendukung visi misi pemda Kaimana salah satu diantaranya yakni melahirkan produk-produk UMKM lokal yang mempunyai nilai adat dan budaya daerah," ujar Ernawati Thie.

Foto Foto bersama dengan peserta Rakerda TP PKKFoto bersama dengan peserta Rakerda TP PKK.

Ia juga mengaku bahwa dalam mensukseskan program-program TP. PKK pihaknya telah membentuk struktur organisasi diseluruh wilayah Kabupaten Kaimana.

"Kami percaya bahwa dalam mensuskses program-program kami dibutuhkanny SDM. Untuk itu, kami telah membentuk struktur kepengurusan tidak cuman dikota atau distrik saja tapi juga sampai ke kampung-kampung dan desa-desa di seluruh Kaimana," kata Istri dari Bupati Kaimana ini.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa berkat upaya dan kerja keras saat ini TP. PKK telah memiliki produk-produk binaan sendiri.

"Puji Tuhan atas berkat dukungan dari seluruh jajaran kepengurusan, saat ini TP. PKK telah memiliki produk binaan sendiri. Bisa lihat hasil dan contoh produk-produk binaan TP PKK di stand belakang, produk-produk hasil binaan ini mempunyai kualitas yang dapat  bersaing di Papua Barat bahkan Nasional," tambahnya.  

Menyambut hal itu, Bupati Kaimana Freddy Thie dalam sambutan membuka acara tersebut mengatakan bahwa ia berharap TP. PKK terus dapat berdedikqsi untuk membangun UMKM di Kaimana.

“Saya mendengar dalam sambutan ketua TP PKK Kabupaten kaimana sudah cukup lengkap. Kalau instrumen ini dapat berkolaborasi akan dapat melahirkan pelaku-pelaku UKM di setiap kampung dan distrik maka 10 program pokok TP PKK menjadi tujuan akhir maka telah menerapkan visi misi Pemda," sambut Bupati Kaimana ini.  

Orang nomor satu Kaimana ini juga menjelaskan bahwa pemda saat ini memiliki program bantuan modal yang diperuntukkan untuk membantu para pelaku UMKM di Kaimana.  

“Saat ini kami memiliki program berupa bantuan modal dengan total anggaran yang kami alokasikan 2.6 Milyar untuk calon penerima bantuan sebanyak 418 orang. Dari total jumlah ini kami berharap 50% diantaranya bisa berhasil," jelas Freddy Thie.

Dalam kesempatan yang sama pria berdarah Tionghoa ini mengajak serta memberikan tantangan bagi TP. PKK untuk ikut mengawal program bantuan modal yang digagas oleh pihaknya.  

"Kalau mau saya kasih challenge untuk TP. PKK dan juga organisasi perempuan yang hadiri hari ini. Rekomendasikan 20 nama calon penerima bantuan dan diawasi sampai bisa berkembanh. Kalau mau ayok saya kasih kesempatan, yang penting harus jadi ya," ajak Freddy disambut terikan hadirin.

Di akhir sambutannya, Bupati Kaimana ini mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada TP. PKK yang telah membantu Pemda saat ini mengelola foodcourd taman Jokowi Iriana.

"Terima kasih saya sampaikan TP. PKK sejauh ini sudah bantu kami kelola foodcourt di taman Jokowi Iriana. Kedepan taman tersebut kami akan lakukan penataan infrastuktur untuk hadirkan ruang baru bagi anakmuda Kaimana baik itu pentas seni maupun event-event lainnya," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

freddy thie Bupati Kaimana PKK kaimama