Bus Trans Jatim Terguling dan Nyemplung ke Kebun Cabai di Mojokerto, Ini Tanggapan Dishub

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

29 Maret 2024 16:05 29 Mar 2024 16:05

Thumbnail Bus Trans Jatim Terguling dan Nyemplung ke Kebun Cabai di Mojokerto, Ini Tanggapan Dishub Watermark Ketik
Bus Trans Jatim mulai diderek untuk evakuasi usai terguling di Mojokerto, Kamis (29/3/2024). (Foto: tangkapan layar Tiktok @ag0espribady)

KETIK, SURABAYA – Menanggapi kejadian bus Trans Jatim terguling dan nyemplung ke kebun cabai di Jalan Raya Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto, Dinas Perhubungan Jawa Timur memastikan hal tersebut tidak menggangu layanan pada masyarakat.

"Bus yang terguling sudah diderek dan tidak ada persoalan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya dua orang yang mengalami luka ringan dan keduanya sudah dibawa ke puskesmas terdekat," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Nyono, Jumat (29/3/2024)

Diketahui bus Trans Jatim  yang dikemudikan Widodo Widjonarko (53) yang mengangkut tujuh penumpang ini terperosok hingga terguling di area kebun cabai karena menghindari sepeda motor yang melaju dari  arah berlawanan lantaran berupaya menyalip sebuah mobil dari sisi kanan, Kamis (28/3) pukul 13.00.

"Bus beruya menghindari sepeda motor hingga terperosok ke arah elevasi yang lebih rendah dan terguling di persawahan. Artinya ini sebuah insiden. Tidak karena ugal-ugalan. Juga bukan human error. Sebab kalau tidak dihindari, motor itu pasti akan ketabrak," katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono memastikan Pemprov Jatim akan melakukan investigasi dan evaluasi. "Kami akan dalami ya, apa faktor penyebab dari kecelakaan itu pasti Pak Kadishub Jatim akan bertanggung jawab," kata Adhy.

Adhy menegaskan Pemprov Jatim akan bertanggung jawab penuh atas insiden tersebut. Semua biaya perawatan untuk korban luka-luka akan ditanggung Pemprov Jatim.

"Kalau memang ada korban itu transmoda dari Jatim, tanggung jawab provinsi Jawa Timur dan kita akan cari solusinya untuk mengatasi itu. Otomatis korban luka ada asuransi dan kalau tidak kami tegaskan akan kami cover transportasi publik dari provinsi," tegasnya.

Lebih lanjut Adhy mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari kendaraan, sopir atau faktor lain. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kecelakaan Trans Jatim Trans Jatim kecelakaan Dishub Jatim jatim Mojokerto Dawarblandong
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1