Cara Melindungi Kulit Dari Paparan Polusi yang Kian Parah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

25 Agustus 2023 17:05 25 Agt 2023 17:05

Thumbnail Cara Melindungi Kulit Dari Paparan Polusi yang Kian Parah Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Buruknya kualitas udara akibat paparan polusi,  ternyata tidak hanya berakibat buruk bagi kesehatan paru paru dan saluran pernapasan. Namun kesehatan kulit juga dapat terganggu, dan memicu timbulnya berbagai masalah kulit.

Saat menghadapi polusi udara kebanyakan orang pasti fokus untuk melindungi saluran pernapasan, dan melupakan kulit yang merupakan organ terluar tubuh. Padahal paparan polutan yang langsung terkena kulit dapat mengakibatkan masalah yang cukup serius.

Paparan polusi mengandung partikel polutan PM 2,5 merupakan debu yang bisa menempel dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat dan kerutan. Berikut ini kami berikan tips menjaga kesehatan kulit untuk menghadapi polusi yang kian meresahkan, simak penjelasannya.

1. Bersihkan Wajah Setelah Beraktivitas di Luar

Paparan polusi yang menempel pada kulit saat melakukan aktivitas di luar ruangan harus segera dibersihkan. Kotoran yang menumpuk dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak terawat. Oleh sebab itu lakukan pembersihan kulit secara menyeluruh dengan menggunakan cairan pembersih atau sabun wajah.

2. Gunakan Perawatan yang Mengandung Antioksidan

Antioksidan sejak dahulu dikenal sebagai senyawa yang dapat menangkal radikal bebas dan polutan. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang kuat dan dapat menjaga kondisi kulit. Oleh sebab itu setelah membersihkan wajah jangan lupa menggunakan produk skin care yang mengandung vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit anda.

3. Menjaga Kulit Terhidrasi

Selain Antioksidan, jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan yang dapat menghidrasi kulit agar tidak kering. Kulit yang kering tentu lebih rentan rusak akibat paparan polusi udara. Kandungan seperti asam hialuronat dan ceramide dikenal mampu menghidrasi kulit dengan baik.

4. Menggunakan Sunscreen 

Langkah terakhir untuk menjaga kulit di tengah polusi adalah dengan memakai sunscreen sebagai langkah terakhir untuk melindungi kulit. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan polusi dan sinar UV yang berbahaya untuk kesehatan kulit.(*)

Tombol Google News

Tags:

polusi Perawatan Kulit Sinar UV Antioksidan Polutan