Cara Membuat Sate Kambing agar Tidak Alot

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

22 Juni 2023 22:13 22 Jun 2023 22:13

Thumbnail Cara Membuat Sate Kambing agar Tidak Alot Watermark Ketik
Ilustrasi sate kambing.(Foto: Jude/Pixabay)

KETIK, JAKARTA – Sate adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar, tidak terkecuali sate kambing. Daging kambing memiliki cita rasa yang khas sehingga sering diolah menjadi sate.

Nanti saat  Idul Adha tiba, banyak orang mengolah daging kambing menjadi sate. Untuk mengolah daging kambing kita harus tahu  trik yang benar. 

Jika kurang tepat dalam pengolahannya maka daging kambing akan terasa alot ketika dikonsumsi. Agar daging kambing tidak alot ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Berikut kami uraikan tipsnya untuk Anda.

1. Jangan Mencuci Daging Kambing

Jika ingin mengolah daging kambing menjadi sate ada baiknya tidak perlu dicuci.Anda cukup membersihkan kotoran dan sisa darah yang menempel dengan lap bersih. Daging yang dicuci akan cenderung memiliki aroma yang tajam.

2. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Tips selanjutnya agar daging kambing terasa empuk adalah dengan membungkusnya dengan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain, berguna mengurangi protein daging sehingga akan menjadi lebih lunak tanpa mengurangi ukurannya.

3. Marinasi Daging dengan Bumbu Aromatik

Bahan-bahan seperti bawang putih, daun jeruk, ketumbar, jahe, dan air asam bisa digunakan untuk bumbu marinasi daging. Semua bahan tersebut dihaluskan lalu dibalurkan pada daging, kemudian didiamkan kurang lebih 1 jam. Proses ini akan membuat daging lebih empuk saat dibuat sate.

4. Marinasi dengan Garam

Selain menggunakan bumbu aromatik untuk marinasi, penggunaan garam juga dapat membuat daging kambing menjadi empuk. Cukup baluri daging kambing dengan garam sampai rata. Diamkan minimal satu jam, setelah itu bisa dibersihkan untuk kemudian dipanggang atau dibakar. 

5. Panggang Sate dengan Api Sedang

Dalam membuat sate kambing usahakan menggunakan api sedang. Jika api terlalu besar maka daging akan alot karena matangnya tidak merata. Olesi permukaan sate dengan bumbu marinasi yang diberi kecap dan sedikit minyak dalam proses pemanggangan agar sate bisa terasa lebih sedap.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner Idul adha Kambing Sate Tradisional