Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung dari Rumah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

29 September 2023 21:50 29 Sep 2023 21:50

Thumbnail Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung dari Rumah Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KETIK, JAKARTA – Jantung merupakan organ vital yang memiliki tugas penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Menjaga kesehatan jantung adalah suatu keharusan agar kita bisa mendapatkan hidup yang sehat dan berkualitas.

Ada banyak kebiasaan sederhana yang dapat kita lakukan dari rumah untuk menjaga kesehatan jantung. Selain menjaga kesehatan jantung kebiasaan ini juga dapat membuat kita awet muda dan memiliki usia lebih panjang dari seharusnya. Berikut beberapa kebiasaan yang menyehatkan jantung.

1. Menjaga pola makan

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan menjaga pola makam dengan gizi yang seimbang. Apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan makan lebih banyak buah daripada karbohidrat. Selain itu perhatikan juga porsi makanan yang dikomsumsi setiap harinya.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dirumah dapat menyehatkan jantung. Kita dapat melakukan aktivitS mulai dari hal sederhana seperti berjalan kaki, jogging atau bersepeda. Selain menjaga kesehatan jantung olahraga juga dapat membantu mengontrol berat badan. Selain itu, penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika gerak tubuh berperan besar pada kesehatan dan panjang pendek usia seseorang.

3. Tidur Dengan Cukup

Hal yang tidak boleh kita lewatkan untuk menjaga kesehatan jantung di rumah adalah tidur yang cukup. Tidur cukup akan meringankan kerja jantung, selain itu juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Cobalah untuk tidur lebih awal setiap harinya dan bangun lebih pagi untuk dapatkan manfaat tidur yang lebih baik.

4. Kurangi Rokok dan Minuman Beralkohol

Seperti yang kita tahu jika rokok dan minuman beralkohol memiliki pengatuh negatif bagi kesehatan tubuh terutama jantung. Oleh sebab itu berhenti merokok dan menghindari minuman beralkohol adalah langkah penting menjaga kesehatan jantung dari rumah.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan jantung pola hidup sehat tidur cukup Makanan bergizi