Catat! Ini 5 Obat Alami untuk Atasi Flu

Jurnalis: Mustopa
Editor: Naufal Ardiansyah

19 Agustus 2023 21:57 19 Agt 2023 21:57

Thumbnail Catat! Ini 5 Obat Alami untuk Atasi Flu Watermark Ketik
Campuran madu dan kunyit. (Foto: Preservedgoods)

KETIK, JAKARTA – Flu atau influenza merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini sering ditemui pada musim kemarau seperti saat ini karena perubahan suhu dan kelembaban.

Lingkungan yang kering dan berdebu juga bisa menyebabkan penyakit flu. Debu yang beterbangan berpotensi membahayakan bagi tubuh yang terpapar.

Nah, untuk mengatasi flu yang menjadi ancaman pada musim kemarau seperti saat ini, bisa menggunakan beberapa obat alami yang mudah ditemui di rumah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin dan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit flu. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah yang telah diiris.

2. Madu

Madu punya kandungan asam fenolik dan flavonoid yang cukup melimpah dan berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu pemicu terjadinya flu. Minum madu secara rutin juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

3. Jeruk

Air jeruk kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral alami yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus sekaligus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meminum air jeruk juga bisa menghilangkan dahak di tenggorokan akibat pilek.

4. Jahe

Jahe juga kaya akan antioksidan dan bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, salah satunya infeksi virus seperti influenza. Jahe juga bisa melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek atau flu.

5. Kunyit

Kunyit bersifat sebagai antimikroba dan anti inflamasi yang bisa membantu mengobati flu. Kandungan kurkumin di dalamya juga bisa mengatasi peradangan. Manfaat kunyit semakin terasa jika dicampur bersama obat herbal lain seperti Jahe dan madu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Madu kunyit Jahe Flu Influenza Obat flu Obat alami