Dianpinru Kwarcab Kota Malang Target Cetak Anggota Pramuka Handal

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

22 Juli 2023 05:37 22 Jul 2023 05:37

Thumbnail Dianpinru Kwarcab Kota Malang Target Cetak Anggota Pramuka Handal Watermark Ketik
Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang Heri Sunarko menyematkan lencana tanda dimulainya Dianpinru di Pusdiklatcab Witaraga Kota Malang, Sabtu (22/7/2023). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Malang terus berupaya mencetak calon pemimpin Pramuka handal lewat Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) di Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Witaraga Kota Malang, Sabtu (22/7/2023).

Dianpinru diikuti 150 Pramuka penggalang dari SD dan SMP yang ada di Kota Malang. Para peserta akan mengikuti pendidikan secara langsung melalui tatap muka selama dua hari yakni Sabtu (22/7/2023) dan Minggu (23/7/2023).

"Kegiatan Dianpinru adalah gladian pemimpin regu, sebuah pendidikan khusus kepada para calon pemimpin regu atau pemimpin regu yang sudah jadi," kata Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, Heri Sunarko usai membuka Dianpinru.

Foto Para peserta mengikuti upacara pembukaan Dianpinru di Pusdiklatcab Witaraga Kota Malang, Sabtu (22/7/2023). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)Para peserta mengikuti upacara pembukaan Dianpinru di Pusdiklatcab Witaraga Kota Malang, Sabtu (22/7/2023). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

Heri menilai, selama ini ditemukan masih banyak pimpinan regu Pramuka di sekolah yang masih kurang baik ketrampilan maupun perilaku. Para pemimpin regu tersebut akan mendapatkan berbagai materi pendidikan untuk meningkatkan ketrampilan di Dianpinru.

"Mereka kita latih kita gladi di tempat ini agar bisa menjadi contoh teladan bagi anggota regu yang dia pimpin," tambahnya.

Heri menjelaskan, materi pendidikan Dianpinru meliputi, materi fundamental yang penting sekali karena dasar kepramukaan diberikan di materi fundamental ini.

Kemudian materi kepemimpinan dan keterampilan life skill. Selanjutnya, materi tentang teknik-teknik kepramukaan baik kegiatan di dalam maupun di luar ruangan. Para peserta juga akan diberikan pelatihan survival dasar dalam Dianpinru.

"Adik-adik ini kita pahamkan kepada tata kelola seorang pemimpin regu yang yang benar. Nanti yang paling penting adalah bagaimana mereka memahami nilai persaudaraan dan tumbuh empati kepada orang lain. Nilai dasar Pramuka seperti itu," jelas Heri.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dianpinru Kota Malang Kwarcab Pramuka Kota Malang