Dinkes Kota Batu Gencarkan PHBS, Optimis Target 65 Persen Tercapai

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

26 September 2024 20:00 26 Sep 2024 20:00

Thumbnail Dinkes Kota Batu Gencarkan PHBS, Optimis Target 65 Persen Tercapai Watermark Ketik
Tenaga Kesehatan Promosi dan Ilmu Perilaku Ahli Muda Dinkes Kota Batu, Ni'matul Khoiriyah menyampaikan Materi Sosialisasi PHBS di Taman Rekreasi Selecta, Kamis 26 September 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Kesehatan Kota Batu terus gencar untuk mencapai target Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kota Batu. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat.

Tenaga Kesehatan Promosi dan Ilmu Perilaku Ahli Muda Dinkes Kota Batu, Ni'matul Khoiriyah, menyampaikan, hingga akhir 2024 nanti, pihaknya berharap ada peningkatan prosentase PHBS di Kota Batu. Prosentase angka 59 persen, diharapkan bisa mendekati target 65 persen. 

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan melakukan berbagai upaya. Diantaranya menggaungkan PHBS, mulai dari Germas, Puskesmas, Posyandu dan berbagai penyuluhan lainnya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 

"Hal ini perlu dilakukan secara terus menerus, mengingat merubah perilaku masyarakat tidaklah gampang," katanya ditemui saat Sosialisasi PHBS di Taman Rekreasi Selecta, Kamis 26 September 2024.

Khoiriyah menyebutkan, berdasarkan data tahun 2023, prosentase PHBS rumah tangga di Kota Batu masih belum memenuhi target. Prosentase PHBS masih diangka sekitar 59 persen dari target 65 persen

Menurutnya hal itu disebabkan, adanya dua dari sepuluh indikator yang belum terpenuhi. Yakni indikator ASI ekslusif dan merokok di dalam rumah. 

"Untuk melihat PHBS maka 10 indikator harus terpenuhi. Jadi misalkan ada satu indikator tidak terpenuhi, maka secara otomatis dikatakan tidak sehat dan menggugurkan indikator lainnya," urainya.

Dikatakan Khoiriyah, untuk mengedukasi masyarakat agar tidak merokok sangatlah susah. Seseorang berhenti dari kebiasaan merokok harus kesadaran sendiri. misalnya karena sakit. Oleh karena itu, untuk merubah perilaku tersebut, pihaknya melakukan tindakan promotif dan preventif.

"Meskipun tidak mudah, kami sebagai insan kesehatan akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat. Dengan harapan angka PHBS semakin meningkat di Tahun 2024," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Dinas Kesehatan Kota Batu PHBS