DPC PKB Bantah Abah Anton Dapat Rekomendasi Maju Bacawali Kota Malang 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

8 Juli 2024 12:41 8 Jul 2024 12:41

Thumbnail DPC PKB Bantah Abah Anton Dapat Rekomendasi Maju Bacawali Kota Malang 2024 Watermark Ketik
Abah Anton saat mendaftakan diri ke Kantor PKB Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – DPC PKB Kota Malang menangkis isu adanya surat rekomendasi yang diberikan DPP PKB kepada Moch Anton sebagai bakal Calon Wali Kota Malang 2024. Isu tersebut muncul di permukaan usai pertemuan Abah Anton dengan Abdul Halim Iskandar selaku Ketua DPW PKB Jawa Timur.

Ketua DPC PKB Kota Malang, Fatchullah menjelaskan bahwa belum ada konfirmasi resmi terkait rekomendasi bagi Bacawali Kota Malang yang maju Pilkada 2024 bersama PKB.

"Terkait dengan rekom ke Abah Anton itu belum dikasih kabar. Kalau turun kan saya mesti diberitahu. Saya kira tidak mungkin di DPC tidak diberitahu, karena nanti tindaklanjutnya ada di DPC,” ujar Fatchullah, Senin (8/7/2024).

Hingga saat ini para bacalon yang mendaftarkan diri melalui tim desk Pilkada PKB masih dalam Uji Kelayakan dan Kompetensi (UKK). Para bakal calon akan melewati beberapa ujian untuk dapat rekomendasi resmi.

"Menurut aturan internal PKB, tahapan pertama bagi bacakada adalah menerima surat tugas yang diberikan oleh tim desk Pilkada dan DPP. Setelah itu, dilakukan evaluasi terhadap kelayakan dan kompetensi bacakada sebelum akhirnya diberikan rekomendasi resmi," lanjutnya.

Nantinya surat tugas disampaikan kepada bacalon sekaligus DPC PKB Kota Malang untuk sosialisasi. Dengan demikian pemberian rekomendasi kepada Abah Anton maupun calon terpilih lainnya belum dapat dilakukan.

"Ya, adanya surat tugas itu nanti disampaikan kepada Bacakada dan DPC untuk membantu sosialisasi. Inikan masih didiskusikan dulu dari segala aspek. Dicek di lapangan, terus integritasnya, dan terakhir visinya misinya. Tentu, DPP akan melakukan langkah-langkah itu," jelas Fatchullah.

Kendati demikian DPP PKB tetap memiliki kewenangan untuk menunjuk langsung bacalon tanpa melalui tahapan surat tugas.

"Tapi, dengan kondisi saat ini di Kota Malang kan kita tidak memiliki incumbent. Jadi, ya proses internal partai akan tetap mengikuti aturan yang berlaku demi memastikan transparansi dan akuntabilitas," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Abah Anton PKB Kota Malang Bakal Calon Wali Kota Malang Pilkada 2024 Kota Malang Kota Mlang