Esther Elizabeth Nassa Sabet Gelar Duta OKY Jawa Timur 2022

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

1 Januari 2023 15:55 1 Jan 2023 15:55

Thumbnail Esther Elizabeth Nassa Sabet Gelar Duta OKY Jawa Timur 2022 Watermark Ketik
Foto : Esther Elizabeth Nassa.(Dok.JNR)

KETIK, SURABAYA – Esther Elizabeth Nassa terpilih sebagai Duta OKY Jawa Timur 2022. Esther terpilih berdasarkan sejumlah penilaian. Antara lain intelegensi, attitude, hingga kecakapan dalam beriteraksi atau public speaking.

Para juri menilai jika siswi kelas 10 SMK Krian 2 Sidoarjo tersebut layak dan mampu mengemban tugas sebagai Duta OKY Jawa Timur 2022. 

Nantinya, Esther akan mensosialisasikan dan mengajak para remaja putri terhadap Manajemen Kesehatan dan Kebersihan Menstruasi (MKM) melalui aplikasi OKY dari UNICEF. 

"Puji Tuhan, saya terpilih mengemban tugas sebagai Duta OKY. Sebenarnya saya tidak percaya diri awalnya, karena saya harus mengalahkan 486 siswi dari seluruh Jawa Timur. Tetapi saya meyakinkan diri saya, bahwa saya bisa mengikuti seleksi ini dan mampu menjalankan tugasnya," ujar remaja putri yang peraih prestasi lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional terbaik yang digelar UNTAG Surabaya ini, Minggu (1/1/2023). 

Dengan terpilihnya menjadi Duta OKY, Esther pun bertekad menyusun target-target agar tugasnya dalam mensosialisasikan MKM tercapai. 

Menurutnya, tak sedikit persoalan yang dihadapi para remaja putri ketika mengalami menstruasi. Antara lain kesulitan dalam mengakses informasi valid dan memahami bahwa menstruasi merupakan proses normal dan penting untuk dikelola dengan baik. 

"Target terdekat yang akan saya lakukan, yaitu memulai dari hal-hal kecil yang saya lakukan sehari-hari. Dengan mengajak teman-teman sekolah untuk mendownload OKY. Saya akan mengedukasi pake teknik curhat ala -ala gitu," ucap Esther.

"Jadi harapannya nanti temen-temen saya yang awalnya gak paham tentang bagaimana mengelola menstruasi yang sehat dan benar, nantinya jadi tahu," imbuh remaja berusia 17 tahun ini. 

Selanjutnya, ia akan membuat konsep yang menarik untuk sosialisasi, simulasi dan digital marketing Aplikasi OKY untuk para remaja putri di Jatim.

Menurut Esther, banyak hal positif yang ia pelajari selama masa karantina menjadi Duta OKY. Namun bukan berarti tak ada ada kesulitan. 

"Selama karantina, kesulitan saya hanya tidak pintar dandan. Tapi untuk Publik Speaking puji tuhan saya terbiasa sejak SMP, setelah menajdi pengurus osis," kata pehoby baca novel dan buku science ini.

Esther berharap, melalui tool aplikasi OKY, ke depan remaja putri Jawa Timur semakin cerdas dan terbantu dalam mengelola masa menstruasi dan kesehatan reproduksi mereka dengan menyenangkan, kreatif, dan positif.

Sebagi informasi, OKY adalah sebuah aplikasi pelacak menstruasi yang dihadirkan oleh UNICEF dengan menyajikan edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan kesehatan reproduksi di kalangan remaja putri. 

Pemilihan Duta OKY dilakukan di Sinergi Hotel Prigen Pasuruan, (30/12/2022) dengan diikuti sebanyak 34 peserta dari 21 kabupaten/kota di Jawa Timur. Kegiatan yang berkolaborasi dengan TP-UKS Jawa Timur dan dukungan dari berbagai pihak ini diawali dengan karantina duta OKY beserta guru pendamping dan grand final sebagai puncaknya.

Proses pemilihan duta OKY menghadirkan dewan juri dari kalangan pemerintahan dan swasta, antara lain dari Dinas Kominfo Jawa Timur, Dinas Pendidikan Jawa Timur, Kanwil Kementerian Agama Kota Pasuruan, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Surabaya dan Yayasan PLATO.

Ke-34 peserta tersebut merupakan hasil penjaringan 486 peserta dari 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur yang telah mengikuti tiga kali pembekalan. Peserta merupakan siswi SMP, SMA/K, MA dan MTs baik negeri maupun swasta.

Dari proses seleksi juri, Esther Elizabeth Nassa berhasil terpilih sebagai Duta OKY Jawa Timur 2022. Esther terpilih berdasarkan sejumlah penilaian. Antara lain intelegensi, attitude, hingga kecakapan dalam beriteraksi atau public speaking.(*) 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Esther Elizabeth Nassa Duta OKY Jatim 2022