Fakultas Vokasi Unair Gandeng Pemkab Bojonegoro Beri Pelatihan Literasi Finansial Digital

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

20 Juli 2024 09:01 20 Jul 2024 09:01

Thumbnail Fakultas Vokasi Unair Gandeng Pemkab Bojonegoro Beri Pelatihan Literasi Finansial Digital Watermark Ketik
Seluruh peserta Pelatihan Pengmas Fakultas Vokasi Unair mendapatkan QRIS yang tercetak. (Foto: Tim Fakultas Vokasi Unair)

KETIK, BOJONEGORO – Berupaya mendukung UMKM di Kabupaten Bojonegoro Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) menggelar pengabdian masyarakat (pengmas) berupa Pelatihan Literasi Digital pada Sabtu (20/7/2024).

Program ini bertajuk Literasi Finansial Digital: QRIS dan Aplikasi Keuangan Sebagai Alat Dalam Optimalisasi Pengelolaan Arus Kas UMKM.

Pelatihan ini adalah hasil kolaborasi Fakultas Vokasi Unair, Pemkab Bojonegoro dan Forum IKM Jatim Cabang Bojonegoro.

Dijelaskan oleh Ketua Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Riska Nur Rosyidiana, S.E., M.Ak., CRA., CAPF. bahwa pembayaran QRIS hadir sebagai solusi cerdas untuk mempermudah transaksi dan pencatatan keuangan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai pentingnya penggunaan QRIS dan aplikasi keuangan dalam pengelolaan bisnis mereka, sehingga dapat mengoptimalkan arus kas dan meningkatkan daya saing di pasar," tuturnya.

Riska menambahkan selama kegiatan, peserta mendapatkan paparan tentang cara efektif penggunaan QRIS dalam pengelolaan keuangan.

"Peserta juga menerima QRIS yang tercetak untuk langsung dapat digunakan," paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Bojonegoro dapat lebih memahami dan mengimplementasikan QRIS dalam operasional sehari-hari, sehingga meningkatkan efisiensi dan transparansi keuangan dalam bisnis masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Kabupaten Bojonegoro Fakultas Vokasi Unair pengmas Unair Pemkab Bojonegoro Forum IKM Jatim Cabang Bojonegoro