Film Dokumenter Dicibir, Harry dan Meghan Berikan Reaksi 

Editor: Shinta Miranda

13 Desember 2022 09:30 13 Des 2022 09:30

Thumbnail Film Dokumenter Dicibir, Harry dan Meghan Berikan Reaksi  Watermark Ketik
Pangeran Harry dan Meghan. (Foto: Reuters)

KETIK, JAKARTA – Publik Inggris dibuat heboh dengan penayangan film dokumenter Netflix yang dibintangi oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dokumenter itu memuat sikap keduanya yang membenci keluarga kerajaan Inggris. 

Pangeran Harry dan istrinya Meghan menolak kritik terhadap film dokumenter tentang kehidupan mereka. Juru bicara pasangan itu menyatakan bahwa mereka tidak pernah mengutip privasi sebagai alasan untuk mundur dari keluarga kerajaan Inggris. 

Dalam tiga episode pertama dari film dokumenter yang sangat dinanti-nantikan, pasangan itu - Duke dan Duchess of Sussex - membuat serangkaian pengungkapan mulai dari ancaman terhadap Meghan Markle, Harry harus menyamar ketika akan kencan, dan video putra mereka Archie. 

Episode pertama dokumenter ini menarik 2,4 juta pemirsa TV di Inggris menurut data BBC. Penayangan perdananya telah menuai kritik karena Harry dan Meghan sebelumnya mengeluhkan gangguan pers. Namun juru bicara buat pasangan ini menjelaskan Harry dan Meghan menolak kritik tersebut. 

"The Duke dan Duchess tidak pernah menyebut privasi sebagai alasan untuk mundur. Narasi yang menyimpang ini dimaksudkan menjebak pasangan ini untuk diam," kata juru bicara seperti dilaporkan BBC yang dikutip Reuters. 

"Mereka memilih membagikan cerita mereka, sesuai syarat mereka, tetapi media tabloid menciptakan narasi yang sama sekali tidak benar yang melewati batas liputan pers dan opini publik," katanya lagi. 

Pernyataan itu menyoroti bahwa Herry dan Meghan tidak menyebut soal privasi ketika menyatakan mundur dari tugas kerajaan pada Januari 2020 dan telah menyatakan keinginan melanjutkan peran dan tugas publik keduanya. 

Pernyataan mereka pada 2020 tidak memberi alasan keputusan mundur sebagai bangsawan senior. 

Beberapa hari setelah keputusan tersebut, mereka mengeluarkan peringatan atas pelecehan dari fotografer paparazzi. 

Hal ini mengangkat lagi kritik Harry sejak 2019 tentang perasaan dia dan isterinya menghadapi 'intimidasi' dari berbagai tabloid yang mirip situasi ibunya, Putri Diana. Diana meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997 ketika mencoba melarikan diri dari fotografer paparazzi. 

Pasangan itu telah memutuskan hubungan dengan empat tabloid besar Inggris dan berhasil menggugat sejumlah di antaranya dengan tindakan hukum. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pangeras Harry Meghan Netflix The Duke dan Duchess