Gaet Peran Pemuda, Diskopindag Kota Malang Bakal Reaktivasi Koperasi

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

1 Maret 2024 05:28 1 Mar 2024 05:28

Thumbnail Gaet Peran Pemuda, Diskopindag Kota Malang Bakal Reaktivasi Koperasi Watermark Ketik
Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menargetkan untuk reaktivasi koperasi-koperasi yang saat ini sedang tidak aktif. Guna memaksimalkannya, Diskopindag Kota Malang mencoba untuk menggaet minat anak-anak muda.

Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi menjelaskan, saat ini anak muda masih menganggap bahwa koperasi merupakan hal yang kuno. Hal tersebut disebabkan banyak yang belum mengetahui keuntungan yang didapatkan ketika bergabung dalam keanggotaan koperasi.

Berdasarkan data per 31 Desember 2023, Kota Malang memiliki 624 koperasi. Sebanyak 366 koperasi diantaranya berstatus aktif, sedangkan 258 koperasi lainnya berstatus tidak aktif.

Guna mengenalkan koperasi kepada generasi muda, Diskopindag Kota Malang telah melakukan beberapa upaya, salah satunya menggelar Workshop Perkoperasian Bagi Masyarakat Milenial. Kegiatan tersebut telah berlangsung pada 28-29 Februari 2024 lalu.

"Jadi workshop kemarin dilakukan untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap koperasi, khususnya anak-anak muda. Tentunya yang sesuai dengan jati diri koperasi dan pendampingan dalam pembentukan koperasi di Kota Malang,” ujar Eko, Jumat (1/3/2024).

Menurutnya dengan workshop tersebut generasi milenial di Kota Malang bisa mendapatkan pengetahuan dan pola pikir baru terkait perkoperasian. Dengan demikian keinginan untuk aktivasi kembali koperasi dapat terwujud.

Tak hanya reaktivasi koperasi yang tidak aktif namun Eko berharap terus terjadi peningkatan dan penambahan koperasi baru di Kota Malang. Di tahun 2024 ini Eko menyebutkan terdapat penambahan 10 koperasi di Kota Malang.

“Kita berharap ilmu tentang perkoperasian dapat dipahami sesuai peraturan yang berlaku. Sehingga terwujud kaderisasi pengurus koperasi modern yang memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat Kota Malang," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Koperasi Kota Malang Koperasi Milenial Diskopindag Kota Malang Kota Malang koperasi Reaktivasi Koperasi
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1