Gandeng Masyarakat, Mahasiswa HI UMM Sebar Kompos dan Eco-enzyme

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

19 Januari 2024 06:15 19 Jan 2024 06:15

Thumbnail Gandeng Masyarakat, Mahasiswa HI UMM Sebar Kompos dan Eco-enzyme Watermark Ketik
Mahasiswa HI UMM bersama warga Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang menaburkan pupuk kompos dan cairan eco-enzyme. (Foto: Dok. Faris)

KETIK, MALANG – Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengajak Masyarakat RT 05 RW 01 Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang kerja bakti membersihkan lingkungan sekaligus menaburkan pupuk kompos dan cairan eco-enzyme. 

Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok Mata Kuliah Gerakan Sosial Global yang diampu oleh Ruli Romadhon, M. Si. Kelompok yang diberi nama Tim Samorta ini beranggotakan 12 Mahasiswa HI UMM angkatan 2021. 

Koordinator Tim Samorta, Faris Hilal Firaas menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengaplikasikan program daur ulang sampah yang telah berjalan selama 1 bulan lebih. 

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk pengaplikasian program daur ulang sampah yang selama ini kita lakukan,” jelas Faris, Jum'at (18/1/2024). Faris menambahkan, penaburan kompos ke tanaman akan berdampak pada kesuburan tanah sehingga dapat menjadikan tanaman tumbuh dengan baik.

Kegiatan ini diawali dengan bersih lingkungan dan penaburan kompos ke tanaman di sekitar area RT 05 bersama warga kemudian dilanjutkan dengan penyebaran cairan eco-enzyme ke lubang resapan. 

“Semoga dengan penaburan kompos ini dapat menghijaukan area RT 05 lagi serta penuangan eco-enzyme ke sumur resapan ini dapat menjadi manfaat bagi kita semua,” ungkap faris.

Penyebaran eco-enzyme ke lubang resapan ini berguna untuk menjernihkan air dan menghilangkan bau. Lubang resapan ini nantinya akan mengalir dan mengairi sumur-sumur warga.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dan antusiasme dari warga. Ketua RT 05 mengungkapan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk menyadarkan warga akan pentingnya kebersihan dan penghijauan lingkungan sekitar.

“Saya berterimakasih kepada Mahasiswa HI Universitas Muhammadiyah Malang karena sudah mengadakan kegiatan ini, semoga kedepannya dapat menggelar kegiatan seperti ini lagi,” ucap Agus Priyo, Ketua RT 05 RW 01 disela-sela kegiatan kerja bakti. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMM HI UMM Kota Malang pupuk kompos