KETIK, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya resmi menjalin kerja sama dengan TikTok. Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian digital terutama bagi seller Tokopedia yang mayoritas merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.
Melalui kerja sama ini nantinya para penjual di platform Tokopedia akan mendapatkan beragam program-program promosi untuk meningkatkan penjualan mereka. Selain itu kompetensi para penjual juga akan didorong nantinya untuk pengembangan sumber daya manusia mulai dari produksi hingga penjualan.
"Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90 persen merchant merupakan pelaku UMKM," kata GoTo lewat keterangan tertulis pada Senin, (11/12/ 2023).
Lebih lanjut dalam kerja sama tersebut dalam operasionalnya bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. Yang mana artinya TikTok Indonesia akan memiliki fitur belanja yang akan dikelola oleh PT Tokopedia. Selain itu TikTok pun juga pengendalian terhadap PT Tokopedia.
"TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia," bunyi keterangan tersebut.
Kerja sama ini nantinya akan memasuki periode uji coba yang akan dilaksanakan pada kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). GoTo memastikan fokus utama dalam program ini adalah produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok.
"Dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," tutup keterangan tersebut.(*)