Ghompok Kolektif Gelar Pelatihan Foto Produk untuk Masyarakat Desa Tebat Benawa

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Mustopa

22 Agustus 2024 09:04 22 Agt 2024 09:04

Thumbnail Ghompok Kolektif Gelar Pelatihan Foto Produk untuk Masyarakat Desa Tebat Benawa Watermark Ketik
Suasana pelatihan foto produk yang diadakan oleh Ghompok Kolektif di Rumah Produksi Kopi Ringkeh Desa Tebat Benawa, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Kamis, 22 Agustus 2024. (Foto: Wisnu Akbar Prabowo/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Lembaga pembelajaran fotografi Ghompok Kolektif mengadakan pelatihan foto produk bagi masyarakat Desa Tebat Benawa, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Pelatihan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat desa khususnya mereka yang mempunyai industri rumahan serta para penggiat Rumah Produksi Kopi Ringkeh.

Menurut salah satu penggiat Ghompok Kolektif, Muhammad Tohir, pelatihan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada masyarakat setempat agar bisa memasarkan produk olahan mereka.

"Masyarakat di sini kan punya rumah produksi kopi. Nah supaya mereka bisa memasarkan produknya, kita ajak mereka belajar bareng bagaimana memotret produk yang menarik," jelas Tohir.

Bagi Tohir, foto produk yang menarik bisa menambah daya tarik suatu produk, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk konsumen berbelanja produk olahan masyarakat setempat.

Dia berharap, pelatihan ini bisa membantu perekonomian masyarakat agar semakin berkembang dan dikenal luas ke daerah lain.

Salah satu pemateri pelatihan, Ahmad Rizki Prabu menjelaskan, pada dasarnya foto produk bergantung pada pencahayaan yang maksimal.

"Ketika kita memotret produk, kita pengin menghasilkan foto yang jernih dengan pencahayaan maksimal," kata dia.

Dia juga menjelaskan, foto produk bisa dilakukan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan, tentunya dengan teknik dan cara yang berbeda.

Perbedaannya terletak pada sumber cahaya yang digunakan. Ketika memotret produk di luar ruangan, Prabu menjelaskan, mereka bisa memanfaatkan cahaya matahari dengan baik.

"Berbeda dengan memotret produk di dalam, kita butuh sumber cahaya lain seperti lampu yang terang supaya jelas," lanjutnya.

Ia kemudian mencontohkan bagaimana memotret produk kopi hasil dari Rumah Produksi Kopi Ringkeh. Pada saat itu, para peserta pelatihan memperhatikan dengan saksama.

Setelah itu, pelatihan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan pemateri. Peserta kemudian mencoba memotret produk dengan peralatan mereka masing-masing.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pelatihan foto Produk masyarakat DESA pagaralam dempo selatan rumah produksi kopi ringkeh ghompok kolektif