Gubernur Khofifah Pastikan Kebutuhan Pengungsi Bencana Lahar Dingin Lumajang Tercukupi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

10 Juli 2023 04:46 10 Jul 2023 04:46

Thumbnail Gubernur Khofifah Pastikan Kebutuhan Pengungsi Bencana Lahar Dingin Lumajang Tercukupi Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat menghibur salah satu anak korban bencana banjir lahar dingin di Lumajang. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, LUMAJANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung posko pengungsian bencana banjir lahar dingin dan tanah longsor yang berada di Balai Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (9/7/2023).

Kedatangan Khofifah didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, dan beberapa kepala OPD terkait.

Gubernur Khofifah langsung menyapa dan memberikan suntikan semangat bagi ratusan pengungsi yang didominasi oleh warga Sumber Kajar. 

Selain itu tidak lupa sejumlah bantuan juga diberikan kepada para korban, seperti 200 paket sembako. Kemudian bantuan spesifik bagi lansia dan ibu menyusui sebanyak 200 paket.

Tidak berhenti di situ. Mantan Menteri Sosial (Mensos) RI tersebut juga memastikan pemberian bantuan trauma healing kepada para anak korban bencana berjalan dengan baik.

Ia meninjau Posko Layanan Dukungan Psikososial (LDP) yang didirikan oleh Dinas Sosial Pemprov Jatim.

"LDP ini tidak hanya melayani anak-anak tetapi juga para korban rentan lainnya seperti lansia dan ibu hamil atau menyusui," jelas Khofifah.

Guna memastikan ketersedian dan kelayakan makanan bagi pengungsi, Gubernur Khofifah juga meninjau dapur umum yang didirikan Dinsos Jatim. Bahkah, dirinya juga berdialog dengan petugas terkait stock logistik dan proses pengolahan makanan.

"Dalam sehari petugas menyiapkan sebanyak 3000 bungkus makanan untuk 3 kali makan para pengungsi," tambah Khofifah.

Foto Gubernur Khofifah berinteraksi dengan anak para korban bencana banjir lahar dingin. (Foto: Humas Pemprov Jatim)Gubernur Khofifah berinteraksi dengan anak para korban bencana banjir lahar dingin. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Gubernur Khofifah juga menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir dan panik karena semua kebutuhan para pengungsi telah disiapkan.

“Saya imbau agar tenang dan tidak panik, namun tetap meningkatkan kewaspadaan," pungkasnya

Sebagai informasi, berdasarkan data BPBD Jatim per Minggu 9 Juli, akibat bencana banjir lahar dingin dan longsor ini tercatat sebanyak 1.038 warga mengungsi di 18 titik pengungsian.

Sebagaimana diketahui, sebelumya Gubernur Khofifah juga telah menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) bidang kesehatan, TAGANA, serta berbagai bantuan logistik dan obat-obatan ke lokasi bencana di Lumajang yang dipimpin oleh Ka. BPBD yang juga sekdaprov Jawa Timur. Selain itu, juga koordinasi dengan PLN untuk percepatan pemulihan jaringan listrik.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Khofifah Jawa timur bencana alam Banjir lahar dingin pengungsi bantuan Logistik Lumajang Semeru