Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Rehabilitasi Medik Terpadu dan Manajemen RSSA Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

11 November 2023 15:15 11 Nov 2023 15:15

Thumbnail Gubernur Khofifah Resmikan Gedung Rehabilitasi Medik Terpadu dan Manajemen RSSA Malang Watermark Ketik
Pemotongan tumpeng pada peresmian Gedung Rehabilitasi Medik Terpadu dan Manajemen oleh Khofifah didampingi dr Bachtiar. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Gedung Rehabilitasi Medik Terpadu dan Manajemen di RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Malang, Sabtu, (11/10/2023). Pada peresmian itu Khofifah meminta peningkatan infrastruktur dapat sejalan dengan peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat.

"Ketika melakukan peresmian seperti ini, harapannya ketika infrastruktur bertambah maka kualitas layanan juga bertambah. Tentu harapannya dari semua layanan yang dimiliki RSSA bisa menigkatkan kualitas dan profesionalisme layanan," ujar Khofifah usai peresmian pada Sabtu (11/11/2023).

Menurutnya, rumah sakit tentu memiliki standar kualitas layanan yang ditujukan kepada pasien. Standar tersebut harus selalu dipegang dan diterapkan oleh seluruh elemen di rumah sakit.

"Kita sama-sama memberikan layanan terbaik ditandai dengan peresmian ruang Rehabilitasi Medik Terpadu dan Manajemen. Integrated system menjadi bagian penting dan ekosistem digital memang sudah menjadi bagian dari kebutuhan rumah sakit di seluruh dunia," ungkapnya.

Sementara itu Direktur RSSA, Direktur RSSA Malang, Dr. dr. M. Bachtiar Budianto, Sp. B(K) ONK, FINACS, FICS menjelaskan bahwa memang Rehabilitasi Medik bukanlah layanan prioritas berdasarkan Kementerian Kesehatan RI. Kendati demikian banyak penanganan khususnya penyakit kronik membutuhkan layanan itu.

"Tetap kami prioritaskan karena rehabilitasi medik selalu menyertai seluruh jenis penyakit yang ada di Rumah Sakit," ucapnya.

Melalui Rehabilitasi Medik, disertai dengan keberadaan para ahli dari RSSA, diharapkan mampu memperkecil risiko gangguang fungsi tubuh pada pasien.

"Ketika posisi tidak bergerak dan sebagainya, maka penyakit ikutannya akan sangat mengganggu secara fisik. Dengan keberadaan ahli Rehabilitasi Medik dan fasilitas pelayanan ini akan memperkecil risiko gangguan fungsi. Selain itu akan meningkatkan fungsi lainnya yang dapat dimaksimalkan seperti fisik, psikis, psikososial," bebernya gamblang. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

peresmian gedung RSSA RSUD dr Saiful Anwaar Peresmian Gedung Rehabilitasi Medik Terpadu dan Manajemen RSSA Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa