Gus Imin Back Up Penuh Gus Muhdlor Dukung Dunia Usaha

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

12 Juni 2023 11:23 12 Jun 2023 11:23

Thumbnail Gus Imin Back Up Penuh Gus Muhdlor Dukung Dunia Usaha Watermark Ketik
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) diapit Bupati Ahmad Muhdlor Ali dan anggota DPR RI Syaikhul Islam di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo pada Senin (12/6/2023). (Foto: Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menemui berbagai kalangan dalam Dialog Multi Pihak, Tantangan Ketenagakerjaan itu di Pendapa Delta Wibawa Sidoarjo pada Senin (12/6/2023).

Gus Imin menyatakan siap berkolaborasi dengan pimpinan daerah demi mewujudkan iklim ketenagakerjaan yang sehat bagi pelaku usaha dan industri di Kota Delta ini.

Acara tersebut dihadiri anggota DPR RI Komisi VII Gus Syaikhul Islam, Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Stafsus Kemenaker Dita Indah Sari, Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, Ketua DPRD Sidoarjo Usman, pengurus Apindo Jatim, Apindo Sidoarjo, BPC Hipmi Sidoarjo, Kadin Sidoarjo, dan perwakilan dari pengusaha disabilitas serta perwakilan industri, besar, menengah dan kecil.

Bupati Ahmad Muhdlor Ali atau Gus Muhdlor mengungkapkan perkembangan positif dunia usaha di Sidoarjo pasca pandemi Covid-19. Misalnya, tingkat pengangguran terbuka (TPT). Pada 2021, angka TPT di Sidoarjo mencapai 10,87 persen. Sekarang turun menjadi 8,1 persen.

”Kita dapat juara I untuk penurunan angka TPT di Jatim,” ungkapnya dalam sambutan sebelum dialog.

Berbagai program dilakukan untuk terus menekan angka TPT. Mulai program bantuan permodalan stimulus untuk UMKM hingga Kartu Usaha Perempuan Mandiri (Kurma).

”Kita juga perlu bangga bahwa UMKM di Sidoarjo ini menjadi penyumbang eksporter terbanyak dari delapan provinsi,” katanya.

Foto Gus Imin berbincang dengan Ketua Apindo Jatim Eddy Wijanarko (tengah) dan Ketua Apindo Sidoarjo Sukiyanto. (foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Gus Imin berbincang dengan Ketua Apindo Jatim Eddy Wijanarko (tengah) dan Ketua Apindo Sidoarjo Sukiyanto. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Gus Muhdlor menyebutkan, dalam Export Center Surabaya, ada 1.000-an UMKM ekspor yang bersinergi dari delapan daerah di Jawa Timur.  Nah, 300 UMKM ekspor itu di antaranya berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Diharapkan, angka itu menjadi dorongan bagi pemerintah untuk terus memotivasi UMKM agar naik kelas.

Gus Imin mengatakan sengaja menggelar kegiatan dialog itu, khususnya di Sidoarjo, untuk mendorong dan mengatasi problematika ketenagakerjaan. Tujuannya adalah mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran, dan peningkatan ekonomi daerah.

"Tentunya jika problematika ketenagakerjaan ini bisa teratasi dapat menekan angka pengangguran, mewujudkan ekonomi yang sehat, dan kemakmuran rakyat," katanya.

Gus Imin juga menyatakan sangat mendukung kepemimpinan Bupati Muhdlor Ali untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Dirinya siap mem-back up penuh melalui perannya di pemerintahan pusat dan lintas sektoral.”Saya berharap Gus Muhdlor ini menjadi bupati yang sukses. Saya back up penuh,” ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

gus imin Gus Muhdlor investasi sidoarjo Apindo HIPMI KADIN