Hadirkan Peri, Cara Unik SMAN 1 Cicalengka Gelar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

2 November 2023 12:14 2 Nov 2023 12:14

Thumbnail Hadirkan Peri, Cara Unik SMAN 1 Cicalengka Gelar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Watermark Ketik
Siswi SMAN 1 Cicalengka kenakan pakaian terbuat dari limbah, Kamis, 2 November 2023 (Foto: dok. SMAN 1 Cicalengka)

KETIK, BANDUNG – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cicalengka menggelar karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lapangan SMAN 1 Cicalengka, Jalan H. Darham Cikopo, Nomor 42, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Kamis (02/11/2023).

Kepala SMAN 1 Cicalengka, Caswanda mengatakan, bahwa ada yang unik dan menarik, di mana anak-anak siswa dan siswi layaknya Peri, lantaran pakaian yang digunakan ini didominasi botol plastik.

"Ada puluhan karya yang dipamerkan di acara tersebut, salah satunya produk inovasi yang ramah lingkungan, di mana semuanya berasal dari bahan limbah yang dikemas menjadi barang layak pakai," katanya dilansir dari media sosial Disdik Jabar.

Dirinya menyatakan, setiap kelas X menampilkan berbagai inovasi beragam, mulai dari fashion show dengan kostum berbahan dasar plastik dan kertas tak terpakai, simulasi media tanam hidroponik, briket hingga edukasi karya ecoprint. 

"Tak hanya itu, acara ini juga  menghadirkan kaulinan tradisional Sunda dan mementaskan cerita legenda Sunda," ucapnya menambahkan dengan detail dan gamblang.

Ia juga menjelaskan, bahwa tujuan dari digelarnya karya ini adalah menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila. 

"Sehingga, P5 ini membangkitkan gotong-royong, kebersamaan, idealisme, dan kreativitas," ujarnya. 

Tidak hanya itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacab Disdik) Wilayah VIII, Endang Susilastuti juga ikut bermain karet, seolah menjadi flashback ke masa kecil.

Endang mengapresiasi gelaran kegiatan unik dan menarik ini sehingga mampu memberikan nuansa baru bagi peserta didik.

"Tentu dengan hal ini, saya sangat berharap, bahwa kegiatan ini mampu menggali karakter bagi para peserta didik kapanpun dan di manapun," tandasnya menutup pernyataan. (*)

Tombol Google News

Tags:

limbah SMAN 1 Cicalengka Pancasila unik dan menarik Peri Kacab Disdik Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila cabang dinas pendidikan